Tanya Dokter

  • HBsAg dan pembesaran ventrikel kiri

  • selamat pagi dokter , saya videntus beberapa hari yang lalu saya mengikuti tes dan hasi kesehatannya mengidap HBsAg (reaktif 4) dan pembesaran ventrikel kiri (reaktif 4), saya kurang mengerti dokter bisa tolong dijelaskan dokter ? yerimakasih banyak dokter.

    Hai HBsAg adalah penanda bahwa seseorang pernah terinfeksi virus hepatitis B. Penularan hepatitis B dapat melalui darah, cairan tubuh misal hubungan seksual, dsb. Sekitar 70% hepatitis B dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat, hanya sekitar 30% yang akan menjadi kronik dan diperlukan pengobatan. Bila HBsAg positif, maka diperlukan pemeriksaan serologi hepatitis B lain untuk mengetahui status hepatitis B tersebut apakah akut, kronik, aktif atau tidak, yaitu HBeAg, IgM dan IgG anti HBc, HBV DNA, pemeriksaan fungsi hati seperti SGOT,SGPT, bilirubin, dan pemeriksaan USG liver. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Hepatitis B. Jantung terdiri dari 4 ruangan/bagian, yaitu atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Pembesaran ventrikel kiri jantung dapat disebabkan pembesaran otot jantung atau ruang jantung yang membesar akibat melebarnya rongga ventrikel tersebut. Beberapa penyebab yang sering adalah:

    • Atlet atau pekerja berat sehingga otot jantung menjadi lebih besar yang disebut dengan kardiomyopati
    • Darah tinggi (hipertensi)
    • Gangguan katup jantung
    • Dan lainnya.
    Namun pembesaran ventrikel kiri dari pemeriksaan foto rontgen pada tes kesehatan perlu dikonfirmasi kembali dengan gejala klinis yang ada, misal apakah adanya sesak napas, mudah lelah, nyeri dada, dsb, serta dengan pemeriksaan USG jantung (ekokardiografi). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william