Tanya Dokter

  • HBsAg pada ibu hamil

  • Dok saya mau tanya . kan waktu itu ibu saya cek darah dan hasilnya HBsAg reaktif Kons : 93.76 <0.05 IU/mL dengan metode CMIA Maksud dari hasil tersebut apa ya dok? Tolong dijelaskan. Dan apakah bahaya untuk ibu dan bayinya?
    Neng Nong Cunong  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Neng,

    HBsAg merupakan pemeriksaan serologi (pemeriksaan serum darah untuk mendeteksi penyakit tertentu) yang bermanfaat untuk mendeteksi antigen virus hepatitis B. Hasil HBsAg yang positif menandakan bahwa sedang terjadi infeksi virus hepatitis B baik secara akut maupun kronis.

    Hepatitis B sendiri merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena berpotensi menimbulkan kerusakan hati sampai dengan kerusakan hati (sirosis hati/kanker hati) bila berlangsung secara kronis. Kondisi ini juga dapat ditularkan dari ibu kejanin sehingga seringkali diperiksakan saat merencanakan kehamilan, saat hamil ataupun saat akan melahirkan.

    Bila seorang ibu yang hamil dilakukan pemeriksaan HBsAg dan hasil pemeriksaan tersebut reaktif, maka segera setelah persalinan bayi akan membutuhkan suntikan vaksinasi hepatitis B dan HBIG (hepatitis B immunoglobulin) dalam waktu kurang dari 12 jam sejak dilahirkan guna mencegah penularan virus ini. Semakin lama vaksin diberikan maka efektifitasnya akan semakin menurun.

    Bila Anda mendapat hasil pemeriksaan yang positif maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda agar mendapat solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala atau sesuai dengan anjuran dokter agar proses kehamilan dan persalinan Anda berjalan dengan baik.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Hepatitis B

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono