Tanya Dokter

  • Solusi agar hepatitis B saya tidak menjadi parah

  • Halo dok, saya 34thn. 3 minggu yang lalu saya operasi caesar anak ke-3 dan hasil pemeriksaan darah hbsag positif. Yang ingin saya tanyakan apakah suami dan anak pertama dan kedua saya juga akan terinfeksi hepatitis b? Apa yang sebaiknya saya lakukan sekarang agar kondisi saya tidak menjadi parah karena selama ini saya merasa baik2 saja?

    Hai Untuk mencegah penularan hepatitis B dari ibu ke bayi, pada saat bayi lahir minimal 12 jam pertama diberikan suntikan vaksinasi hepatitis B dan juga Hepatitis B Imunoglobulin (HBIG). Vaksinasi hepatitis B diulang saat usia 2 dan 6 bulan, lalu memeriksakan kadar HBsAg dan juga Anti HBs pada usia 9 dan 15 bulan, untuk mengetahui apakah sudah terbentuk kekebalan atau belum. Untuk suami, anak pertama dan kedua Anda sebaiknya diperiksakan kadar HBsAg untuk dilihat positif atau tidak. Jika negatif, terutama pada suami Anda dapat diberikan vaksinasi hepatitis B untuk pencegahan penularan. Dan untuk anak pertama dan kedua, jika HBsAg negatif, anda sebaiknya terlebih dahulu memeriksa kadar anti HBs apakah sudah mempunyai kekebalan yang cukup atau tidak, dikarenakan pada anak sudah adanya vaksinasi wajib hepatitis B. Untuk mengetahui status hepatitis B, Anda dapat melakukan pemeriksaan pada dokter dan juga pemeriksaan penunjang seperti:

    • Pemeriksaan laboratorium fungsi hati seperti SGOT dan juga SGPT
    • IgM anti HBC. Jika positif menyatakan Anda baru saja terinfeksi dalam waktu kurang dari 6 bulan atau dalam fase akut.
    • HBeAg dan anti HBe. Jika HBeAg positif kemungkinan virus hepatitis B masih aktif dan dapat menularkan ke orang lain, jika HBeAg negatif dan Anti HBe yang positif kemungkinan virus sudah tidak aktif.
    • Anti HBs. Penandan kekebalan pada hepatitis B.
    • USG Hepar/liver.
    Sebaiknya Anda tetap tenang dan tidak khawatir. Anda dapat beraktivitas seperti biasa, diet gizi seimbang, berolahraga teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hepatitis B sebagian besar bisa sembuh, hanya 10% yang menjadi hepatitis kronis. Mengenai hepatitis B dapat Anda baca pada artikel berikut: Hepatitis B. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william