Tanya Dokter

  • hbsag positif

  • assalamualaikum dok... 2blan lalu saya tes darah dan hsilnya hbsag saya positif... untuk pengobatannya bagai mana? soalnya kata dokter yang saya berobat bilang nanti akan hilang dan sembuh dengan sendirinya . bila tubuh sehat maka akan sembuh.

    Hai HBsAg merupakan penanda bahwa seseorang pernah terinfeksi virus hepatitis B. Sekitar 70% dari hepatitis B akan sembuh dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang kuat, ditandai dengan menjadi negatifnya HBsAg, sehingga tidak diperlukan pengobatan apapun, cukup dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, banyak minum air putih, dan tidak sembarangan mengkonsumsi obat atau jamu-jamuan. Hanya sekitar 30% yang menjadi kronis dan dapat menyebabkan kerusakan liver/hati sehingga diperlukan pengobatan. Biasanya bila pertama kali Anda memeriksakan HBsAg dan dinyatakan positif, diperlukan juga pemeriksaan serologi lain seperti HBeAg, IgM dan IgG antiHBc, HBV DNA, pemeriksaan fungsi liver dan USG liver untuk mengetahui status hepatitis B Anda saat ini apakah akut, kronik ataukah lebih berpotensi terjadi penularan pada orang lain. Bila didapatkan hepatitis B akut, diperlukan pemeriksaan ulang HBsAg pada 6 bulan kemudian, bila tetap positif maka ada kemungkinan terjadi hepatitis B kronik sehingga diperlukan pengobatan antivirus seperti interferon, dsb. Informasi dan diskusi terkait dapat Anda baca pada link berikut ini: Bagaimana penanganan hepatitis B? Gejala dari positif hepatitis B dan pengobatannya. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    berarti utk memastikan akut atau kroniknya nunggu 6blan lgi tes ya dok...? tpi saya tdak punya gejala y biasa di derita hepatitis b dok.sperti mudah lelah atau warna air kencing putih saad minum banyak.klopun sakit yo sakit biasa minum obat atau pergi pijat udah sehat...itu apa kmungkinang hepatitis b nya tdk bahaya dok?