Tanya Dokter

  • Pengobatan hemagioma tanpa operasi

  •  Rahma Danis
    Anggota
    Hallo dok. Saya mau tanya anak saya usianya sudah hampir 5 bulan. terkena hemagioma di kepala nya saat berumur 2 bulan lebih. Berdarah terkena kuku nya apakah itu berbahaya? Kira kira berapa lama hemagioma itu tidak aktif lagi dok? Saya udah bawa ke dokter kata nya tidak masalah tetapi kalau tersenggol sedik sama kuku anak saya darah nya banyak dok jadi kita sekeluarga khawatir. Kira kira apa solusi yang bagus selain operasi dok. Kemarin dokter bilang kalau operasi harus puasa dulu bayi nya. Kasihan dok kalau puasa dia kan masih bayi wajib di susui 3jam sekali masak di suruh puasa 5 jam. Ngak tega saya dok.

    Hallo Ibu Rahma,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.

    Hemangioma merupakan tanda lahir berbentuk tonjolan kenyal berwarna merah terang pada kulit akibat adanya pertumbuhan berlebih dari pembuluh darah, hemangioma termasuk tumor pembuluh darah yang tidak ganas dan jarang menimbulkan komplikasi, sekitar 50% hemangioma mengempes pada usai anak 5 tahun dan bahkan dapat menghilang pada usia 10 tahun, namun jika keberadaan hemangioma sering berdarah, tentunya hal ini perlu diwaspadai. Untuk mengatasinya, pastikan kuku anak Ibu selalu dalam keadaan pendek dan bersih. Jika masih sering berdarah, Ibu dapat membawa anak Ibu untuk kontrol ke Dokter agar Dokter dapat membantu memberikan solusi, pilihan penanganannya dapat berupa:

    • Kortikosteroid, dapat berupa salep, ataupun obat yang diminumkan
    • Obat penghambat beta (Beta Blocker), dapat berupa gel yang dioleskan
    • Operasi laser

    Mengenai pilihan penanganan yang tepat, hal ini sangat tergantung pada ukuran, lokasi hemangioma, kondisi kesehatan penderita, serta usianya. Dokter yang memeriksa anak Ibu yang dapat menentukan pilihan yang paling tepat. Apabila Ibu masih ragu, Ibu dapat melakukan second opinion atau meminta pendapat Dokter lain yang juga memeriksa anak Ibu.

    Demikian semoga membantu ya,

    dr. Annes