Tanya Dokter

  • Apakah hemofilia menyebabkan kematian

  • Jadi gini dok saya mau nanya, kalo penyakit hemofilia A itu bisa diringanin ga ya? Pencegahan nya gimana, apakah menyebabkan kematian?

    Salam,

    Hemofilia merupakan gangguan pembekuan darah akibat kurangnya faktor pembekuan darah yang mendukung proses pembekuan darah. Sehingga pada pasien dengan hemofilia, keluhan yang sering ditemui adalah pendarahan yang tidak segera mengering, sehingga beresiko menyebabkan kekurangan darah dana anemia, dan bersifat emergency terhadap penanganannya. Oleh karena itu, pencegahan yang dilakukan pada pasien hemofilia adalah menghindari resiko luka atau trauma.

    Hemofilia dibedakan berdasarkan kelainan faktor pembekuan darah, dimana hemofilia A dengan gangguan fakor pembekuan VIII yang sering ditemui dalam kasus hemofilia.

    Karena hemofilia dipengaruhi faktor genetik, maka pencegahan pasien hemofilia sulit dilakukan.kecuali bila kita melakukan pembuahan invitro, maka dokter dapat memilih sel telur yang mempunyai kemugkinan kecil  resiko hemofilia.

    Bila Anda mempunyai keluhan berkaitan dengan gangguan pembekuan darah atau pendarahan spontan yang tidak kita ketahui penyebabnya, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan dan evalausi. Dokter akan merencanakan pemeriksaan darah sesuai indikasinya.

    Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga hemofilia.

    dr. Ulfi