Tanya Dokter

  • Apa hepatitis bisa disembuhkan?

  • Siang dok. dsni sy mw nanyak Bpak sy sedang skit Gejala.a seperti pnykit hepatitis Dan mnurut dokter juga dy pnaya pnyakit hepatitis Apkh msih bisa dsmbuhkan dok.???dan bgaimn pbceghnya??

    Hai,   Hepatitis dalam fase awal ( belum timbul pengerasan hati ) masih bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dan sesuai. Bahkan penderita Hepatitis yang menjalani terapi yang baik bisa hidup normal walaupun memiliki virus hepatitis dalam tubuh mereka. ( baca info lengkapnya di SINI) Untuk info yang lebih akurat Anda bisa menanyakan kepada dokter yang merawat ayah Anda apa jenis hepatitis yang menginfeksi Ayah Anda. Karena ketiganya memiliki penularan berbeda dan penanganan serta pencegahan yang spesifik. Untuk artikel tentang hepatitis A anda bisa baca info lengkapnya di SINI. Untuk artikel tentang hepatitis B anda bisa baca info lengkapnya di SINI. Untuk artikel tentang hepatitis C anda bisa baca info lengkapnya di SINI.   Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat beberapa tipe hepatitis yang dibedakan oleh penyebab/ virusnya. Tipe hepatitis yang umum dikenal adalah :

    1. Hepatitis A
    2. hepatitis B
    3. Hepatitis C
    Ketiganya memiliki penanganan yang sesuai dengan tipe masing masing hepatitisnya. Gejala hepatitis pada umumnya adalah :
    1. Mual - muntah
    2. Penurunan berat badan
    3. Rasa lemas
    4. Nyeri sendi
    5. Sakit perut
    6. Tubuh berwarna kekuningan ( mata, kuku, kulit)
    Pencegahan hepatitis A dan B bisa dengan melakukan vaksinasi Hepatitis A dan B dan menghindari terexpose dengan darah penderita. Sementara Hepatitis C belum memiliki vaksinasi sehingga untuk mencegahnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara penularan hepatitis ini. Hepatitis C biasa ditularkan melalui kontak dengan darah penderita atau benda yang berkontak dengan darah penderita. Virus hepatitis C ini bisa bertahan selama 4 hari dalam suhu ruangan. Sehingga pencegahan terbaik adalah dengan :
    1. Menghindari menggunakan barang pribadi bersama sama seperti sikat gigi, pisau cukur, gunting kuku, dll
    2. Menutup luka  dengan plester tahan air
    3. Menggunakan kondom
    4. Hati hati saat mentato/ tindik.
    5. tidak berbagi jarum suntik dll.
    Pengobatan Hepatitis A, Hepatitis B akut dan C akut adalah dengan cukup istirahat, obat simptomatik untuk gejala mual -muntah, demam dll, disertai makan gizi seimbang. Pemulihan akan berjalan dengan perbaikan imun tubuh. Namun untuk pengobatan Hepatitis B dan C kronis  diperlukan obat seperti peg interferon dan obat antivirus sesegera mungkin sampai  tubuh dapat mengendalikan virus tersebut. Semoga membantu.   dr. Yusi