Tanya Dokter

  • Terkena hepatitis saat menjalani vaksin

  •  Dewyidha
    Anggota

    Dok mau tanya mungkin engak orang yang msih menjalani vaksin hepatitis bisa terkena penyakit hepatitis

    Dewyidha  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Dewyidha, Pertama-tama, vaksin apa yang dimaksud? Vaksin hepatitis yang sudah tersedia saat ini adalah vaksin untuk hepatitis A dan B. Tentunya anda hanya akan kebal terhadap virus yang dikover oleh vaksin tersebut. Misal anda divaksin hepatitis B, maka anda akan kebal terhadap hep. B tetapi tidak terhadap hep A dan sebaliknya. Semisal untuk Hep. B, ada alasan kenapa vaksinasi harus dilakukan 3 kali dengan jeda tertentu, yakni untuk merangsang sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi terhadap virus sehingga jika menginfeksi, maka kita tidak jatuh sakit, jika misalnya dari 3 kali anda baru menjalani yang pertama, maka tentunya antibodi yang terbentuk belum cukup dan anda masih dapat terkena infeksi Hep. B (efek protektifnya umumnya belum tercapai). hep B vaksin hep b demikian yang dapat saya sampaikan, smeoga bermanfaat.

    Dewyidha  dr. Rico N
    Dokter

    Sebagai tambahan informasi, pada pasien yang diberikan vaksin hepatitis B, ada yang kemudian menjadi responder (tubuhnya berhasil memproduksi antibodi dalam jumlah cukup setelah diberikan se-set lengkap vaksin hepatitis B) terdapat pula kelompok yang disebut sebagai non-responder (meski telah menjalani set-lengkap vaksin hep. B tubuh tidak menghasilkan antibodi yang memadai untuk mencegah infeksi hep B); jumlah ini berkisar 5-15%. Dicurigai bahwa mungkin orang-orang tersebut pernah terinfeksi hep B sebelumnya, sehingga pada non-responder perlu di cek HBsAg-nya untuk mengetahui apakah yang bersangkutan pernah terinfeksi hep.B atau tidak.
    Pada kelompok non responder tersebut, umumnya akan dilakukan vaksinasi ulang, 2 bulan berturut-turut setelah vaksinasi terakhir