Tanya Dokter

  • Penularan hepatitis A

  • Dok, Teman saya Di vonis ada Hepatitis A. dan saya pernah makan 1 piring dengan dia... Tapi Saya Searching Google, kalo seseorang yang tertular Hepatitis A itu, Mual, Kepala Pusing, Diare dll... Tapi saya tidak menunjukan gejala apapun cuma Diare saja. apakah saya bisa dibilang Tertular Hepatitis A atau tidak dok ? Apakah berbahaya & apa obatnya ?

    fb-arielkharisma  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Kharisma, Hepatitis A merupakan penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Virus hepatitis A dapat menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi terutama pada daerah dengan kebersihan yang kurang baik ataupun dengan kontak langsung dengan pengidap hepatitis A. Hepatitis A sifatnya akut dan jarang menjadi kronis atau menjadi sakit yang berkepanjangan. Jika Anda makan satu piring dengan teman yang saat itu sedang sakit hepatitis A ada kemungkinan untuk bisa tertular, tetapi jika makan dengan teman yang dulu pernah terkena hepatitis A kemungkinan tertular kecil. Gejala hepatitis A sendiri diantaranya adalah:

    • Mual-mual
    • Timbul kekuningan baik pada urine, tinja, mata, kuku dan bagian tubuh lainnya
    • Sakit kepala
    • Demam
    • Diare
    • Kehilangan nafsu makan dan lainnya
    Pengobatan hepatitis A tidak memerlukan pengobatan khusus hanya beristirahat, menjaga asupan makanan dan cairan dan juga mengatasi gejala yang timbul, meningkatkan kekebalan tubuh dengan makanan bergizi dan menghindari minuman keras ataupun obat-obatan yang berdampak pada hati. Rajin mencuci tangan, makanan makanan yang bersih dan dimasak hingga matang, tidak berbagi barang pribadi ataupun peralatan makan dapat membantu mencegah penularan. Vaksinasi hepatitis A juga dapat dilakukan pada anak ataupun orang dewasa untuk menghindari tertularnya penyakit tersebut. Periksakan diri pada dokter jika keluhan Anda berlanjut dan disertai gejala lainnya untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Semooga bermanfaat, dr. Adhi P.

    Jadi dok, Kalau saya tertular dan saya gak mengobati nya apa yang terjadi ? Apakah berbahaya untuk Hati saya ?

    fb-arielkharisma  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Hepatitis A sifatnya adalah self limiting disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan kemampuan kekebalan tubuh. Tetapi walaupun Hepatitis A jarang menyebabkan penyakit hati jangka panjang dan dapat sembuh sendiri, hepatitis A dapat juga menimbulkan komplikasi jika ditangani dengan baik terutama pada kelompok tertentu seperti manula, pengidap diabetes ataupun mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang menurun. Komplikasi yang dapat terjadi diantaranya adalah:

    • Risiko gagal hati
    • Risiko kambuhnya infeksi
    • Risiko mengalami kolestasis yang terjadi ketika cairan empedu menumpuk di dalam hati
    Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah tertular atau tidak, terlebih virus ini dapat menular dan menyebar dengan cepat bahkan menyebabkan kejadian luar biasa di suatu wilayah tertentu. Salam, dr. Adhi P.