Tanya Dokter

  • Pertanyaan seputar hepatitis B saya

  •  spidey
    Anggota

    Selamat pagi dok, Sy penderita hepatitis b, pria, umur 30 tahun. Tinggi 171 cm, bb 55 kg.

    Pertnyaan sy: 1. Olah raga apa sj yg bs sy lalukan untk ttap mnjaga stamina dan agr sistem kkebalan ttap baik? Klw push up dan lari pagi boleh kah dok? 2. Bolehkah sy mengkosnsumsi susu? 3. Apakah benar dengan mngkonsumsi teripang emas dpt mnyembuhkan hepatitis b? 4. Sy kadang mersa sakit, rasa tdk nyaman didaerah dada sy, lbih tepatnya dibgian bawah puting smpe dibgian bawah rusuk. Dan dsertai rasa pusing, loyo dan mengantuk. Apakh itu pngaruh hepatitis b sy atau gjala lain? Oh ya, sy juga punya skit maag dan asm lambung yg tinggi. 5. Apakh boleh sy brhubngan badan dgn istri sy 3x dalam seminggu? Atau hrus kurng dr itu?

    Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Halo, terimakasih atas pertanyaannya, Olahraga yang disarankan pada penderita Hepatitis B adalah olahraga yang ringan, misalnya:

    • bersepeda
    • berenang
    • berjalan kaki
    Bentuk olahraga juga dapat diganti dengan kegiatan fisik lainnya, misalnya berkebun, memilih naik tangga daripada eskalator, menemani anak bermain misalnya bermain menendang bola atau berlempar bola. Kira-kira takaran beban olahraga yang disarankan adalah sekitar aktivitas tersebut. Olahraga sebaiknya dimulai perlahan dan sesuaikan dengan keadaan tubuh Anda. Anda boleh berolahraga sekitar 30 menit sehari dan 3 kali seminggu sesuai kemampuan Anda. Tidak anda penelitian yang menyatakan penderita Hepatitis B tidak bisa mengkonsumsi susu. Susu dan produk susu adalah sumber gizi kalsium, riboflavin, protein dan vitmain B12. Seorang penderita Hepatitis B sangat disarankan untuk tetap mempertahankan diet yang sehat yaitu diet yang seimbang dan terdiri dari kelompok makanan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan lemak. Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan teripang emas sebagai terapi Hepatitis B. Hepatitis B adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan di terapi sesuai keadaan kondisi akut atau kronis. Gejala Hepatitis B biasanya disertai rasa nyeri perut dan mual, napsu makan berkurang, nyeri sendi dan rasa lelah. Gejala yang Anda alami bisa jadi merupakan gejala umum Hepatitis B, tetapi belum dapat disingkirkan bahwa penyebabnya adalah penyakit asam lambung. Karena virus Hepatitis B dapat menular melalui hubungan seksual, sebaiknya saat melakukan hubungan seksual Anda memakasi pengaman (kondom) untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penularan. Orang yang tinggal dekat dengan penderita Hepatitis B juga sebaiknya segera melakukan vaksinasi sebagai bentuk pencegahan. Semoga membantu, terimakasih