Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan infeksi hepatitis B dalam tubuh

  •  ebensidabutar
    Anggota
    Halo Dokter, kemarin saya melakukan medical cekup utk keperluan melamar, hasilna saya terkena hepatitis B, reaktif. padahal saya keadaan sehat sehat aja. apakah yang saya lakukan Skrg utk menghilangkan diagnosa itu? Dan adakah makanan yang bisa jika dikonsums utk melawan virus itu? Terima kasih Dokter

    Halo Eben,

    Pemeriksaan untuk skrining hepatitis B yang menunjukan hasil reaktif saya asumsikan adalah pemeriksaan HbsAg. HbsAg adalah salah satu pemeriksaan untuk mendeteksi virus hepatitis di dalam tubuh, namun pemeriksaan ini bukanlah satu-satunya yang memastikan bahwa seseorang telah positif terinfeksi. Saat seseorang menunjukkan hasil reaktif maka perlu pemeriksaan lanjutan untuk menilai jenis virus, tingkat keparahan penyakit hingga respon tubuh terhadap infeksi virus ini.

    Beberapa pemeriksaan lanjutan diantaranya HbeAg, HBV DNA, hingga pemeriksaan fungsi liver juga USG untuk menilai sejauh mana kerusakan organ berlangsung. Pastikan kondisi ini dengan pemeriksaan ke dokter, setelah dokter mendapatkan hasil maka langkah selanjutnya adalah menentukan terapi ke depan.

    Seseorang yang positif terinfeksi hepatitis menunjukan bahwa virus tersebut telah masuk ke dalam tubuh dan pengobatan yang dilakukan adalah melemahkan virus agar tidak menyebabkan kerusakan bagi tubuh dengan meningkatkan sistem imun si penderita. Penyakit ini juga dapat dapat menularkan orang lain melalui cairan tubuh seperti hubungan seks, tranfusi darah, juga antara ibu dan anak melalui kelahiran.

    Tingkatkan daya tahan tubuh melalui jaga asupan makanan yang bernutrisi tinggi, olahraga secara teratur, istirahat cukup juga mengelola stres secara bijak.

    Simak tautan berikut mengenai cara meningkatkan sistem imun tubuh.

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya