Tanya Dokter

  • Pengobatan hepatitis b

  • Apa obat tuk Hepatitis b. Saya dah menderita Hepatitis b selama 12

    Halo Rini,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Hepatitis adalah peradangan pada sel hati. Kondisi ini memang sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus seperti virus hepatitis A, B, dan C, namun kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hal lain misalnya infeksi virus lain (misalnya cytomegalovirus), pengaruh obat-obatan, alkohol, fatty liver, obesitas, penyakit autoimun, sepsis, dan lainnya. Hepatitis B adalah peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Untuk mendiagnosis hepatitis B. penderita akan menjalani serangkaian pemeriksaan darah dan ultrasonografi.

    Jika terbukti menderita hepatitis B, silakan Anda terus bekonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam ahli hati (hepatologi). Pengobatan hepatitis B harus sesuai dengan anjuran dokter spesialis penyakit dalam tersebut. Tidak ada langkah khusus untuk mengatasi hepatitis B akut karena penyakit ini dapat sembuh. Namun, penderita tetap harus menjalani pemeriksaan secara rutin karena infeksi ini dapat berkembang menjadi kronis. Kondisi organ hati pada penderita hepatitis B kornis harus terus dimonitor melalui pemeriksaan darah, ultrasonografi, fibroscan, dan biopsi hati. Jika fungsi hati masih baik, dokter akan memberikan obat-pbatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Pengobatan ini harus sesuai dengan anjuran dokter.

    Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam ahli hepatologi untuk penanganan selanjutnya agar komplikasi lebih lanjut dapat dicegah.

    Silakan Anda baca artikel berikut: Hepatitis B

    Semoga membantu.

    Dr Aloisia