Tanya Dokter

  • Pengobatan virus hepatitis B

  • Dok, apakah Hepatitis b carrier bisa disembuhkan total virusnya? bagaimana cara penyembuhannya. mohon jawaban

    Juarto Edy Purnomo  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat sore, Hepatitis B merupakan infeksi virus pada hati/liver. Carriers adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki virus namun tanpa gejala. Hepatitis B akut, biasa terjadi dalam hitungan bulan. Orang yang terkena virus hepatitis B akut, jika sistem kekebalan tubuh nya baik, maka dapat melawan virus hingga tuntas dari tubuh, dan sembuh setelah beberapa bulan. Sedangkan hepatitis B kronis (sudah lebih dari 6 bulan), maka virus cenderung akan menetap seterusnya dalam tubuh penderita. Hepatitis B kronis dapat menyebabkan efek jangka panjang berupa kerusakan organ hati/liver (sirosis, atau hepatoma) di kemudian harinya. Untuk pengobatan, tidak ada pengobatan spesifik pada hepatitis B.

    • Hepatitis B akut. Pengobatan berupa simptomatis (mengobati gejala0gejala yang dirasakan), seperti anti demam, anti-mual,anti-muntah, dll. Penting bahwa perlu periksa rutin untuk mengetahui aktivitas fungsi hati, untuk melihat apakah virus masih aktif berkerja atau sudah kembali normal (sembuh).
    • Hepatitis B Kronis. Umumnya pasien tidak memiliki gejala. Pengobatan untuk tipe ini juga tidak ada pengobatan khusus atau spesifik. Fokus utama adalah memantau secara rutiin kondisi hati dengan pemeriksaan darah fungsi hati, USG ataupun fibroscan untuk terus memantau kondisi hati. Obat lain yang dapat diberikan adalah obat antivirus ataupun obat penginterferon, namun pemberian obat-obatan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tiap-tiap orang.
    Sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut kondisi Anda ke dokter spesialis Hepatologi, sehingga dapat ditangani secara tepat. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat,