Tanya Dokter

  • Kemungkinan sembuh untuk hepatitis B kronis

  •  epuspa
    Anggota

    malam Dok,

    2 tahun lalu saya chek up dan ternyata hbsag saya positif hepatitis b knonik, entah kapan saya tertukar virus ini yang jelas beberapa tahun sebelumnya negatif. Bahkan waktu kecil saya pernah imunisasi hepatitis b tetapi karna ketidaktahuan orang tua kami, belum pernah di boster.

    tahun lalu saya melahirkan dan anak saya langsung di imunisasi ketika lahir dan imunisasi lanjutan. Saya slalu rutin melakukan chek sgot sgpt dan hasilnya normal. Bagaiman dok, kemungkinan sembuhnya dan bagaimana agar hepatitis saya tidak semakin parah.

     

    Terimakasih dok

    epuspa  dr. Rico N
    Dokter

    Hai, Penyakit hepatitis B ada 2 jenis, akut dan kronis. Pada hepatitis B akut, infeksi berlangsung singkat dan biasanya virus akan bertahan 30-90 hari di dalam tubuh dan kemudian akan menghilang / sembuh, tetapi pada kira-kira 20% pasien, virus tersebut tidak menghilang dan jika setelah lebih dari 6 bulan masih + maka disebut sebagai hepatitis B kronik. Umumnya bahaya dari hepatitis B adalah terjadinya sirosis/pengerasan hati, dan berujung pada kanker hati (kira-kira 5-10 % pasien yang mengalami sirosis akan berkembang menjadi kanker hati). Kesulitannya adalah pada sebagian besar pasien yang hepatitis B-nya menjadi kronik, meski dengan pengobatan yang adekuat/memadai,  sulit sekali / hanya sebagian kecil saja yang kemudian sembuh sempurna / virus tereradikasi (pada hasil lab HBsAg menjadi -). Akan tetapi hal itu tidak menjadi masalah asalkan hepatitis B kronik anda inaktif. Karena terapi pada hepatitis B kronik pun hanya direkomendasikan pada pasien hepatitis B kronik aktif (ditandai dengan fungsi liver (SGOT/SGPT) abnormal, HBeAg + / - , temuan HBV DNA +). Saya menyarankan anda sebagai penderita hepatitis B kronik agar senantiasa melakukan pemantauan rutin dan konsultasi berkala dengan dokter penyakit dalam anda. Karena kondisi medis ini membutuhkan monitoring secara berkala. Dan ada indikasi/titik tertentu untuk memulai / tidak memulai terapi. Pemantauan yang mungkin dapat rutin dilakukan antara lain ; pemeriksaan darah untuk fungsi hati, USG, fibro scan, dan jika diperlukan, biopsi. Yang terpenting pada pasien hepatitis b kronik adalah : - menjaga pola hidup dan pola makan sehat, cukup air putih - istirahat cukup, olahraga teratur - hiindari rokok dan alkohol - hindari konsumsi obat-obatan / jamu-jamuan terutama jika dikonsumsi jangka panjang tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hepatitis B Pengobatan hepatitis B apa manfaat vaksinasi Hep B hidup normal bagi penderita hep B deimkian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.