Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil pemeriksaan patologi

  •  Rahayusri
    Anggota
    Dok saya mau tanya, kan nenek saya di periksa patologi anatomi, hasilnya makroskopis: FNAB dengan USG guiding a/r hepar: massa nekrotik campur darah. Ditemukan sel tumor ganas pada apus biopsi aspirasi a/r hepar jenis ADENOCARCINOMA. minta kejelasanya dok

    Halo Rahayusri,

     Pertama-tama, penjelasan mengenai hasil pemeriksaan penunjang seperti hasil patologi anatomi hanya dapat saya jawab secara terbatas, karena pada hakikatnya hasil pemeriksaan ini bersifat spesialistik untuk membantu pemeriksaan yang lebih utama yaitu wawancara medis dan pemeriksaan fisik, dan interpretasinya harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis yang menangani agar dapat menghubungkan dengan kondisi klinis pasien sebenarnya.

     

    Secara garis besar, hasil biopsi organ hati nenek anda menunjukkan adanya kumpulan jaringan yang sel-selnya sudah mati (massa nekrotik) bercampur dengan darah, dapat menandakan suatu penyakit yang kronis/sudah berlangsung lama. pada tindakan biopsi aspirasi organ hati ditemukan sel tumor ganas (atau dengan kata lain sel kanker) jenis adenocarcinoma, yaitu jenis sel kanker yang terbentuk pada jaringan mengandung kelenjar termasuk hati. diskusikan lebih lanjut dengan dokter mengenai rencana penanganan selanjutnya untuk kondisi nenek anda saat ini.

     

    Sekian informasi yang dapat diberikan. Anda dapat membaca artikel terkait: kanker hati

    semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira