Tanya Dokter

  • Nyeri pada buah zakar dan selangkangan, apakah hernia?

  •  Latiepzz
    Anggota
    Pagi dok. , saya fuadin latif, saya menderita sakit di buah zakar, selangkangan sampai perut sisi kanan bawah tapi tidak ada pembengkakan., apakah itu gejala hernia? Dan bagaimana solusi / obatnya., terima kasih ..

    Hai Fuadin Latif.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada zakar/ testis ialah:

    Sangat beragam penyebab nyeri pada testis, dan bila disebabkan karena hernia ingunalis biasanya akan diikuti dengan munculnya benjolan pada pangkal paha, nyeri pada benjolan, dapat disertai rasa ingin muntah dan mual bila usus yang masuk terjepit dan tidak dapat kembali. Bila nyeri anda rasakan semakin meningkat dan mengganggu aktivitas, muncul benjolan yang nyeri dan hilang timbul, mengganggu anda BAK, diserai demam, dan ada pembengkakan pada buah zakar atau penis maka baiknya anda memeriksakan diri ke dokter ahli urologi. Dokter akan memeriksa langsung dan dapat diikuti pemeriksaan USG.

    Untuk mengurangi nyeri anda dapat mengkonsumsi paracetamol susesuai dengan dosis yang tertera, jangan mengangkat barang yang berat, jangan menggunakan celana yang ketat, jangan memijat bagian yang nyeri. 

    Semoga bermnafaat

    dr. Iriyanti