Tanya Dokter

  • obat herpes untuk ibu hamil

  •  icha
    Anggota

    dok, saya lagi hamil sudah 8bulan.. Tiba-tiba muncul bintik seperti herpes (karna saya googling) Ada kira2 4butir dan agak nyeri kalau jalan karna tergesek celana dalam. ini yang ke2xnya dok. pertama Kali mungkin hampir setahun yang lalu dan sembuh sendiri hanya 7-10 hari. tapi skrg jumlah nya lebih sedikit. saya takut akan efek ke bayi saya..boleh rekomennya, salep apa untuk herpes yang bisa saya oles yang aman untuk Ibu hamil?

    icha  icha
    Anggota

    oya tapi posisinya bukan Di alat kelamin tapi Di daerah (maaf) selangkangan dekat miss v

    icha  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Icha, Memang munculnya bintik, terutama jika berupa plenting-plenting (berisi cairan bening) dapat disebabkan oleh herpes, tetapi kondisi ini dapat pula disebabkan oleh banyak penyebab lain :

    • infeksi virus
    • dermatitis  herpetiformis
    • herpes gestasiones / herpes kehamilan (penyebab tidak jelas, meski menyandang nama herpes tetapi tidak berhubungan dengan infeksi virus herpes)
    • pemfigoid bulosa
    • dsb
    Saya sangat tidak menyarankan anda untuk mengobati sendiri gangguan ini, terlebih karena anda sedang hamil 8 bulan. Sebaiknya temui dokter spesialis kandungan anda untuk konsultasi mengenai masalah ini. Tujuan utamanya tentu saja memastikan apakah yang anda alami benar-benar herpes dan memastikan kondisi janin di dalam kandungan. Jika benar herpes maka harus ditangani dengan baik, terlebih karena virus tsb dapat mengenai janin yang ada di ldalam kandungan dan dapat menyebabkan berbagai kelainan sehingga harus diberikan penanganan yang sesuai. demikian yang dapaat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.  

    icha  icha
    Anggota

    dok, untuk luka yang tiba2 Di selangkangan (dekat area miss v) seperti herpes, saya belum sempat memeriksakan ke RS terdekat.. luka yang seperti herpes ini muncul pada hari jum'at malam.. dan sekarang hari selasa malah sudah mengempes dan mengering. mungkin Akan sembuh dalam beberapa hari (seperti 10bulan lalu yg saya Alami dan ini yang ke 2xnya) waktu itu pun saya tdk periksa ke dokter.. karna sudah sembuh sendiri. tapi sekarang muncul lagi, dan mengering yang pasti Akan sembuh sendiri luka nya. mungkin penyakit nya belum hilang ya dok, akan muncul lagi beberapa bulan kemudian jika saya tdk mengobati nya. yang mau saya tanyakan, kalau lukanya sudah sembuh seperti ini, apakah aman untuk saya melahirkan normal? Tanpa menularkan apapun pada janin saya? mohon sekali jawaban nya dok.

    icha  icha
    Anggota

    dok, ternyata tdk sembuh.. luka yang awal memang mengering.. tapi malah muncul yang lain nya. agak banyak. bagaimana ya dok.. apakah saya bisa melahirkan normal? saya ingin sekali melahirkan normal tanpa menularkan penyakit apapun ke bayi saya:( tolong.rekomen obat/salep yg aman untuk Ibu hamil. terimakasih dok.. sangat Di tunggu jawaban nya ya..