Tanya Dokter

  • Herpes di bagian pundak dan payudara

  •  Maria Renata
    Anggota

    saya mengalami herpes dibagian pundak dan payudara.sudah 5 hari tp tak kunjung hilang cairan di dlm benjolan.

    mulai terasa nyeri pada kuping,kepala dan keram otot pada payudara. sampai kapan ya dok ,bisa pulih. saya sudah menggunakan acyclovir dan resep dokter.

    Maria Renata  dr. Lina Saleh
    Dokter

    selamat sore, Herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, virus yang sama yang menyebabkan penyakit cacar. Herpes seringkali terjadi pada orang-orang berusia diatas 50 tahun atau pada orang-orang usia berapa pun yang sedang mengalami penurunan kekebalan tubuh (baik karena stress, kelelahan fisik atau sedang sakit), serta memiliki kuman/virus varicella-zoster yang dorman (menetap) pada tubuh, dan kemudian muncul saat kekebalan tubuh sedang turun. Gejala yang dialami berupa muncul ruam/lesi kulit merah yang terasa perih, nyeri atau sakit. lesi muncul berkelompok hanya di satu daerah tertentu sesuai dengan kelompok jalur persyarafan (dermatomal). Dapat diikuti gejala lain seperti demam ringan, badan terasa pegal dan tidak enak badan (flue-like syndrome). Herpes zoster membutuhkan waktu rata- 14-28 hari untuk benar-benar menghilang dan sembuh. Tentunya berbeda-beda setiap orang tergantung daya tahan tubuh nya. Pengobatan yang diperlukan pada kondisi ini adalah :

    • Obat anti virus oral efektif pada 24 jam setelah munculnya lesi atau jika lesi baru masih muncul dan dapat diteruskan untuk 5-7 hari.
    • Obat anti nyeri untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.
    • Penurun panas, jika mengalami demam
    • Bedak salicyl untuk mencegah gesekan pada lesi dan memabntu mengurangi rasa gatal.
    • Meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh dengan istirahat cukup dan makan makanan bergizi. Hindari kondisi stress, kelelahan, kedinginan dll.
    Yang penting untuk diperhatikan adalah agar tidak menulari keluarga dirumah dengan virus ini, terutam apada bayi dan anak, serta orang tua usia diatas 50 tahun, atau jika dirumah ada anggota keluarga dengan kondisi daya tahan tubuh menurun (TB, HIV, Kanker, Diabetes Mellitus, dll). Hindari kontak langsung dengan lesi (jangan menggaruk). Hindari penggunaan pakaian, handuk atau peralatan kontak langsung lain bersamaan dengana nggota lain dirumah. Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.