Tanya Dokter

  • Penyebab herpes zoster dan cara mengobatinya

  • Salam sejahtera dok. Saya kiki berusia 16 tahun. Saya pernah terkena herpes zoster, tapi pada bagian pinggang sebelah kiri. Kira-kira apa ya dok penyebabnya? Soalnya saya liat pada artikel ini pada umumnya orang yang terkena herpes zoster berusia 50 tahun. Terima kasih dok.

    Hallo,   Herpes zoster bisa menyerang segala umur namun memang secara statistik kejadian ini meningkat pada orang berusia > 50 tahun karena daya tahan tubuhnya yang lebih rendah dibandingkan usia produktif(<50 tahun). Herpes zoster merupakan infeksi virus varicella zoster yang kembali aktif. Biasanya didapatkan pada pasien yang pernah mengalami cacar air/ varicella sewaktu kecil. Virus varicella ini tidak seluruhnya menghilang dari tubuh dan diam dalam serabut saraf menunggu waktu yang tepat untuk kembali aktif dan menyebabkan herpes zoster. Gejala herpes zoster adalah :

    1. Bercak kemerahan yang kemudian timbul lenting yang nyeri dan pegal serta panas pada salh 1 sisi tubuh sesuai dengan serabut saraf yang diinfeksinya.
    2. Demam
    3. pegal linu
    4. dll.
    Penanganan herpes zoster antara lain adalah :
    1. pemberian obat antivirus , acyclovir, secepat mungkin dengan dosis yang adekuat untuk mencegah terjadinya komplikasi.
    2. Obat demam seperti paracetamol.
    3. acyclovir oles.
    4. Pemberian lotion calamin untuk meredakan gatal.
    5. Vitamin dan suplemen jika perlu.
    6. Istirahat cukup
    7. makan gizi seimbang.
    Biasanya dengan pengobatan adekuat lenting akan mengering 4-7 hari paska pengobatan. Hindari berkontak dengan tempat umum selama lenting masih timbul agar mencegah penularan kepada orang lain. Semoga membantu.   dr. Yusi