Tanya Dokter

  • Tentang vaksinasi herpes zoster

  • Selamat siang Dok. Sy ibu rumah tangga berusia 41 tahun. Sy punya penyakit herpes. Penyakit ini muncul saat sy akan menstruasi & saat kondisi tubuh sy kurang fit. Tetapi tidak setiap bulan herpes ini muncul. Sudah kurang lebih 1 thn tdk muncul, & sekarang muncul lagi. Apakah sy boleh mendapatkan vaksin utk herpes Dok ? Karena sy baca artikel disarankan vaksin herpes diberikan pd usia 50 thn keatas. Kalau boleh, dimana sy bs melakukan vaksin herpes ? Terima kasih.

    Halo Anggraeni

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster dimana merupakan penyebab yang sama pada penyakit cacar air. Pada saat seseorang terkena cacar air dan sembuh bukan berarti orang tersebut bebas dari virus tersebut. Namun virus itu hanya melemah dan diam di persarafan tubuh manusia, selama fase "diam" ini virus tidak akan menibulkan gejala sedangkan ketika daya tahan tubuh seseorang melemah virus ini dapat aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster. Gejalanya antara lain:

    • Melenting berisi air berkelompok pada salah satu sisi kulit tubuh. Tidak melewati garis tengah.
    • Kulit kemerahan.
    • Dapat disertai rasa nyeri dan gatal. Nyeri ini dapat berlangsung lama meskipun melenting telah kering dan herpes zoster telah sembuh, disebut juga dengan post herpetic neuralgia.

    Pada seseorang yang berusia diatas 50 tahun dapat terjadi penurunan daya tahan tubuh sehingga tentu saja akan meningkatkan risiko terjadinya herpes zoster. Maka dari itu vaksin ini disarankan untuk orang yang usianya diatas 50 tahun.  Bahkan dengan vaksin ini herpes zoster dapat menurunkan risiko terjadinya herpes zoster hingga 51.3%

    Vaksin herpes zoster ini sudah cukup beredar luas di fasilitas kesehatan, baik itu di rumah sakit maupun klinik. Mengenai biaya, sangat beragam tergantung dari fasilitas kesehatan tersebut. Pastikan penyuntikan vaksin ini dilakukan oleh dokter. Anda dapat melakukan penyuntikan baik pada dokter umum maupun spesialis.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat