Tanya Dokter

  • Gejala herpes genital atau sifilis

  • Assalam.... Dok sy mau tanya, Beberapa bulan lalu Saya pernah mengalami luka-luka kecil rapat berkelompok dan di atasnya sedikit mengering pada penis saya. Rasanya juga gatal dan nyeri. Tp sembuh dalam waktu 2minggu. Demam dan Berat badan turun tiba-tiba dan cepat merasa capek. Sekarang di sekitar penis saya muncul lagi beberapa ruam sebesar biji jagung, sedikit timbul di kelilingnya. Terasa sedikit gatal nyeri dan tdk begitu mengganggu. Apakah ini herpes atau sifilis? Dan apa bedanya sifilis sama herpes? Mohon infonya dan penanganannya gmn dok. Trimakasih. Wassalam....

    Alfajhan Putra Ayudha  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Kemungkinan anda terkena sifilis. Sifilis merupakan infeksi bakteri T. pallidum di tubuh. Sifilis memiliki gejala tergantung dari waktu terinfeksinya:

    • sifilis primer: luka genital seperti luka serangga yang biasanya tidak terasa nyeri
    • sifilis sekunder: ruam seperti koin yang timbul pada genitalia disertai gejala flu seperti lelah, demam, nyeri sendi
    Herpes merupakan infeksi virus Herpes simplex yang mempengaruhi genital. Gejala umum yang dimiliki herpes:
    • kumpulan bentol berisi air yang dapat pecah dan meninggalkan luka terbuka yang nyeri bila tersentuh. Saat pecah, dapat disertai gejala seperti flu (demam, lelah, pembengkakan kelenjar getah bening)
    Kedua penyakit ini memiliki karakteristik masing-masing dari penampilannya. Sebaiknya dilihat oleh dokter untuk membedakan dan penanganannya. Keduanya memiliki pengobatan yang berbeda, sehingga sebaiknya dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan kulit mungkin disertai tes laboratorium dari swab luka. Tips berikut dapat dilakukan untuk mencegah infeksi:
    • menggunakan pengaman saat berhubungan intim
    • menghindari seks oral bila memungkinkan
    • menghindari pemakaian jarum (suntik atau tato) bekas
    Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus

    Hi... Terimakasih dr. Dennis Jacobus Atas informasinya. Ini sangat sangat membantu.