Tanya Dokter

  • herpes tidak.sembuh sembuh

  •  R Darma Putra
    Anggota
    selamat pagi dokter saya Riski usia 22 thn ... Sy ada keluhan herpes ... Di tangan kanan ... Udah ke dokter pada awalnya dan dikasih acyclovir .. dan sudah sembuh tapi herpes muncul lagi .. disalep sembuh dan tumbuh di area lain atau juga di bekas herpes yang kering tadi ini terus berulang.. Kira kira penyembuhannya gimana ya dok... Mohon bantuannya
    R Darma Putra  Sandi Hermawan
    Anggota

    obat hiv dan pengaruh kondisi tubuh saat vct

    dok saya mau bertanya,

    1.apakah jika ada orang yang sehat,lalu tidak sengaja meminum ARV apakah dia akan tertular hiv,soalnya teman saya tidak sengaja meminum obat ARV milik sepupunya ?

    2.saat saya melakukan test vct,saya sedang sakit(seperti flu ,demam,pusing , batuk,sakit tenggorokan,juga diare) dan saya juga  minum obat saya lupa obatnya itu apa,intinya buat nyembuhin penyakit yang yang saya sebutkantadi,apakah akan mempengaruhi hasil testnya ? hasil test nya negatif,intinya yang saya tanyakan adalah apakah jika kita sedang sakit lalu meminum obat tertentu,lalu kita melakukan test vct,apakah ada pengaruh pada hasilnya,??

    tambahan,saya melakukan aktifitas beresiko pada tahun 2012,dan baru vct pada tahun 2016, dalam jangka waktu 2012 sampai pada saat saya vct,saya tidak pernah melakukan aktifitas beresiko apapun.

     

    R Darma Putra  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Darma,

    Herpes merupakan infeksi akibat virus herpes simpleks dengan gejala timbulnya lenting atau ruam pada kulit disertai sensasi terbakar atau rasa nyeri yang sangat atau dapat tidak bergejala sama sekali. Keluhan herpes dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh, namun paling sering terjadi pada sekitar bibir/wajah dan kelamin.

    Belum ditemukan obat untuk memusnahkan infeksi herpes simpleks, umumnya dokter hanya memberikan obat untuk meringankan gejala keluhan saja dan mencegah virus bereplikasi dengan obat antivirus seperti asiklovir. Bila infeksi hanya ringan saja, dokter mungkin tidak perlu memberikan obat antivirus untuk herpes.

    Berikut anjuran untuk penanganan herpes :

    • Jangan menyentuh luka yang timbul, bersihkanlah bila terdapat luka atau koreng untuk mencegah terjadinya infeksi, Anda dapat menggunakan air yang mengalir untuk membersihkanya
    • Anda dapat mengompres es batu dilapisi kain untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat herpes
    • Konsumsi cukup air putih
    • Kenakanlah pakaian dengan bahan longgar dan nyaman untuk menghindari iritasi kulit

    Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda :

    Pengobatan HSV

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono