Tanya Dokter

  • lepuhan herpes zooster sudah hilang tapi masih gatal

  •  rini
    Anggota

    Dokter saya mau bertanya seputar herpes zooster Baru-baru ini saya terkena herpes zooster. Setelah lepuhannya hilang kenapa gatalnya belum hilang juga dokter? Apa obat untuk menghilangkan rasa gatalnya dokter? Apakah penyakit ini jika sudah sembuh dapat aktif lagi suatu saat nanti?

    Hai,   Rasa gatal yang belum menghilang paska lenting herpes zoster mengering mungkin diakibatkan komplikasi virus yang mengiritasi saraf. Herpes zoster merupakan penyakit akibat infeksi virus ,dimana virus varicella zoster dorman dalam serabut saraf seseorang, ketika kambuh akan menimbulkan iritasi pada serabut saraf yang dilaluinya (ditumbuhi lenting herpes). Sementara rasa gatal adalah salah satu bentuk rasa nyeri paling ringan. Untuk menangani hal tersebut beberapa hal bisa dilakukan :

    1. Pemberian obat obatan kostikosteroid dan antivirus pada awal lenting timbul untuk mencegah komplikasi timbul.
    2. Pemberian obat penghilang gatal dan obat topikal pada tempat yang gatal.
    3. Istirahat cukup.
    4. Makan gizi seimbang.
    Jika rasa gatal masih timbul / berlanjut, Anda bisa menghubungi dokter spesialis saraf terdekat untuk penanganan lanjutan. Biasanya herpes zoster hanya menyerang satu kali, namun ada juga beberapa kasus dimana seseorang bisa terkena herpes zoster > 1 kali. Biasanya ini terjadi pada seseorang dengan gangguan imun (HIV), sering bergadang, kurang istirahat, daya tahan tubuh rendah, stress dll. Untuk mengurangi resiko kekambuhan herpes maka makan gizi seimbang, istirahat cukup, olahraga dan menghindari seseorang yang menderita cacar / herpes akan membantu. Baca topik Herpes zoster. Semoga membantu.   dr. Yusi