Tanya Dokter

  • Herpes zoster yang tak kunjung sembuh

  • Dokter.. Saya sedang mengalami cacar herpes zooster. Sudah diberi acyclovir tablet dan salep sm dokter klinik tapi sudah 5 hari tidak kunjung sembuh. Ruam makin banyak dan sekarang gatal (sebelumbya tidak gatal tidak perih. Hanya merah2 saja dan sedikit) Skrg obat dan salep habis. Dan saya hanya melanjutlan dengan pemberian bedak salisil tabur utk mengurangi gatal2. Apakah lebih baiknya saya berobat ulang atau gimana ya dok?

    Halo Prila.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, herpes zoster adalah infeksi virus dimana menyerang persarafan dan kulit. Gejala utama penyakit ini yakni timbulnya bintil berisi cairan yang timbul berkelompok di salah satu bagian tubuh sesuai persarafan. Umumnya bintil tersebut akan disertai dengan timbulnya rasa nyeri dan sensasi seperti panas atau terbakar.

    Penyakit ini biasanya dapat sembuh dalam kurun waktu 14 hari sampai dengan 28 hari, asalkan Imunitas tubuh penderita dalam kondisi yang prima. Oleh karena itu untuk meningkatkan imunitas tubuh, maka kami menyarankan untuk : makan makanan yang sehat dan bergizi mudah telan seperti sup ayam atau bubur ayam, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirhat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur.

    Akan tetapi jika kondisi herpes zoster menurut Anda semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HERPES ZOSTER

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati