Tanya Dokter

  • Luka herpes zoster menjadi gatal

  •  Ferdi Wahyu
    Anggota

    dok, saya mau tanya. 2-3 minggu lalu saya kena herpes zoster di dada kanan sampe punggung kanan saya, dan sudah periksa ke dokter. luka sudah kering dan mengelupas tetapi kok malah gatal dan kadang sakit ya dok? apa yang harus saya lakukan agar kembali seperti semula?

    Ferdi Wahyu  Ferdi Wahyu
    Anggota

    Ferdi Wahyu October 16, 2015 at 5:07 am dok, saya mau tanya. 2-3 minggu lalu saya kena herpes zoster di dada kanan sampe punggung kanan saya, dan sudah periksa ke dokter. luka sudah kering dan mengelupas tetapi kok malah gatal dan kadang nyeri ya dok? apa yang harus saya lakukan agar kembali seperti semula? ada usulan untuk meminum obat atau apa gitu dok?
     

    Hai Ferdi Herpes zoster merupakan aktivasi ulang dari virus cacar air yang "bersembunyi" dan tidak aktif di jaringan saraf, bila terjadi penurunan daya tahan tubuh misal akibat kelelahan, maka virus tersebut kembali aktif dan menjadi herpes zoster. Bagian yang terkena adalah persarafan dan kulit yang mengikuti jalan saraf tersebut. Biasanya herpes zoster akan sembuh dalam jangka waktu 3-5 hari dimana melenting sudah kering, walaupun pada kulit sudah sembuh, pada persarafan penyembuhannya lebih lama bisa sampai 3-6 bulan, dimana gejalanya adalah nyeri, kebas, kesemutan atau gatal pada lokasi yang terkena. Gejala ini disebut dengan neuralgia post herpes. Pengobatan yang diberikan biasanya berupa antinyeri yang dikombinasi obat antikejang atau antidepresan sesuai anjuran dari dokter. Nyeri setelah herpes ini tidak berbahaya, namun berlangsung cukup lama sehingga dapat menggangu aktivitas sehari-hari terutama saat tidur malam. Proses penyembuhan dan berat ringannya nyeri dapat berbeda antar tiap orang. Informasi terkait secara lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Herpes zoster. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william