Tanya Dokter

  • Mengatasi luka herpes zoster yang belum kering

  •  Fyandjuka
    Anggota
    Dok sudah hampir seminggu saya terinfeksi herpes zoster. Saya sudah konsuktasi ke dokter 2 kali, tetapi untuk lukanya belum kering. Bahkan masih ada luka yang berair. Gimana ya dok untuk mengatasi masalah tersebut

    Halo Fyandjuka, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penyakit herpes zoster atau yang disebut juga dengan shingles adalah suatu penyakit yang disebabkan karena aktifnya kembali virus varicella zoster, yaitu virus penyebab cacar air. Virus ini dapat mengalami reaktivasi pada kondisi sistem imunitas yang sedang lemah misalnya karena kehamilan, penyakit kanker, kemoterapi, terapi radiasi, infeksi HIV, atau penurunan sistem imun sementara seperti pada kondisi kelelahan dan kurang istirahat.

     

    tatalaksana utama dari herpes zoster adalah obat antivirus. untuk pengobatan luka anda dapat membasahi kasa steril dengan cairan infus (NaCl 0.9%) diletakkan di atas luka selama 30-60 menit,biarkan sampai mengering. lakukan ini selama 4-6x sehari. selain itu seseorang dengan herpes zoster dapat mengalami nyeri saraf yang sering disebut post-herpetic neuralgia. Beberapa gejala dan tanda dari postherpetic neuralgia antara lain:

    1. Nyeri seperti terbakar, ditusuk, atau nyeri di bagian dalam kulit yang menetap 3 bulan atau lebih setelah ruam herpes menghilang
    2. Sensitivitas terhadap sentuhan ringan
    3. Gatal dan baal pada kulit (lebih jarang terjadi)

    Bila anda mengalami gejala-gejala postherpetic neuralgia di atas, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk diberikan terapi yang dapat mengurangi gejala di atas. Meskipun tidak ada satu terapi khusus yang benar-benar dapat menghilangkan nyeri postherpetic neuralgia, kombinasi dari terapi-terapi berikut dapat membantu mengurangi nyeri pada penderitanya:

    1. Penggunaan koyo antinyeri topikal seperti koyo lidokain
    2. Penggunaan koyo berisi capsaicin
    3. Pemberian obat-obatan antikejang seperti gabapentin dan pregabalin
    4. Pemberian obat-obatan antidepresi
    5. Pemberian antinyeri opioid
    6. Suntik steroid intraspinal

    sebagai pencegahan, vaksi herpes zoster dapat diberikan. rekomendasi dari vaksin ini adalah untuk orang berusia 60 tahun ke atas yang memiliki risiko tinggi mengalami reaktivasi virus varicella dan memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi post herpetik neuralgia paska terkena herpes zoster.

     

    sekian jawaban saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia