Tanya Dokter

  • Program hamil setelah pengangkatan satu tuba

  •  Luh Sudiani
    Anggota
    Halo dokter, saya luh sudiani.saya mengidap hidrosalfing ringan dan tuba kanan saya telah diangkat karna KET. Apakah saya bisa hamil tanpa melalui operasi?

    Hai Luh Sudiani. Tuba falopi merupakan suatu saluran dimana menghubungkan antara indung telur dengan rahim sehingga sel telur dapat lewat dari indung telur dan tertanam di rahim terutama saat hamil. Kehilangan satu saluran memang akan memperkecil resiko kehamilan anda karena ini berarti anda hanya dapat mengandalkan tuba kiri yang masih utuh. Selama alat reproduksi anda sebelah kiri masih sehat, maka kemungkinan kehamilan akan tetap ada walaupun tidak sebesar jika ada keduanya. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti ikan, sayur hijau, telur, produk susu, istirahat teratur, menghindari aktivitas yang terlalu berat dapat membantu. Selain itu, anda dapat berkomunikasi dengan dokter anda mengenai program hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa