Tanya Dokter

  • Penanganan hidrosefalus pada bayi baru lahir

  •  nur hanifah
    Anggota

    dok saya mau tanya, salah satu teman saya melahirkan anaknya mengalami penyakut hidrosefalus , tapi sampai saat ini pihak rumah sakit belum ada penanganan untuk mengoperasi si baby, itu bagaimana baiknya ya dok

    trimakasih,

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otal atau yang disebut ventrikel, sehingga menyebabkan ventrikel membesar dan menekan jaringan disekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

    Pengobatan utama hidrosefalus adalah melalui operasi. Tujuannya adalah untuk membuang kelebihan cairan serebrospinal di dalam otak. Salah satu jenis operasi yang biasanya diterapkan pada kasus hidrosefalus adalah pemasangan shunt. Shunt merupakan alat khusus berbentuk selang yang dipasang ke dalam kepala untuk mengalirkan cairan otak ke bagian tubuh yang lain dan diserap oleh pembuluh darah. Bagian tubuh yang sering dipilih sebagai rute mengalirkan cairan serebrospinal adalah rongga perut.

    Untuk mengetahui secara jelas mengapa operasi belum dilakukan, tentu Anda bisa bertanya pada dokter yang menangani. Hidrosefalus biasanya ditangani oleh dokter bedah saraf. Penundaan operasi biasanya dilakukan apabila kondisi klinis yang buruk dan terdapat kontraindikasi pembedahan lainnya. Misalnya pada beberapa kasus bayi prematur dengan hidrosefalus post hemoragik, operasi ditunda sehingga diberikan pengobatan terlebih dahulu. Alasan lain seperti belum adanya persetujuan keluarga, tidak ada dokter spesialis yang bisa menangani dan fasilitas yang belum memadai juga bisa menjadi alasan ditundanya operasi.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/hidrosefalus

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.