Tanya Dokter

  • Usia penderita hidrosefalus

  • Dok , anak saya pernah operasi pemasangan shunf pada usia 7 bulan, kata dokter ahli bedahnya bahwa shunf tersebut untuk seumur hidup karna memakai yg panjangnya 2meter. Terus saya ada yang bilangi bahwa penderita hidrosefalus paling lama umurnya sekitar 12 th... Pertanyaan saya apa benar orang yang menderita hedrosefalus umurnya hanya bertahan hanya 12 tahun walau sudah di lakukan pemasangan shunf.?

    Halo,   Tidak. Pendapat yang Anda dengar adalah tidak benar. Pemasangan shunt pada anak Anda menandakan bahwa kerusakan otak secara permanen belum terjadi / otak anak Anda masih bisa diselamatkan. Dan shunt bisa menyembuhkan hidrocefalus dengan cara membuang cairan otak ke dalam rongga perut melalui shunt tersebut sehingga tidak merusak otak lebih jauh. Shunt juga membuat harapan hidup anak dengan hidrocefalus sama dengan anak normal lainnya. Pada umumnya pemasangan shunt pada anak anak memerlukan penggantian pada usia sekitar 10 tahun karena ukuran panjang shunt yang digunakan, namun pada kasus anak Anda karena menggunakan shunt berukuran 2 m maka penggantian tidak diperlukan. Namun shunt tetap harus diperiksa dan dikontrol dengan baik karena shunt memiliki efek samping seperti :

    1. Mudah terjadinya infeksi pada shunt
    2. Terjadi penyumbatan pada shunt
    3. Perubahan posisi shunt
    4. dll.
    Jadi kontrol kondisi anak Anda ke dokter anak minimal 1-2 tahun sekali jika tidak ada keluhan, namun segera berkonsultasi jika anak Anda memiliki keluhan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi