Tanya Dokter

  • Penyembuhan hidrosefalus

  •  Amir Faz
    Anggota

    adakah penyakit hidrosefalus dapat di tangani?

    Halo Amir, Hidrosefalus merupakan penyakit yang menyerang otak dimana terjadi penumpukan cairan otak yang menyebabkan peningkatan tekanan dalam otak sehingga jika tidak segera ditangani dapat merusak fungsi otak. Penyakit ini dapat dialami oleh bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Berdasarkan gejalanya hidrosefalus dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

    • Hidrosefalus kongenital :Terjadi sejak bayi baru dilahirkan dimana kondisi kepalanya sangat besar, gejala yang muncul biasanya mudah rewel,  mual, mengantuk, otot kaki terlihat kaku, muntah, tidak mau menyusu atau makan hingga kejang.
    • Hidrosefalus didapat : Terjadi pada anak-anak dan orang dewasa dimana gejalanya berupa sakit kepala, nyeri leher, muntah, penurunan kapasitas mental, kesulitan berjalan, pandangan menjadi kabur dan mengantuk.
    • Hidrosefalus dengan tekanan normal : Terjadi pada manula dengan gejala sulit menahan bak dan sering ingin bak, sulit mencerna informasi dan menjadi lambat dalam menanggapi sesuatu dan sulit untuk berjalan.
    Penanganan pada hidrosefalus umumnya dengan tindakan pembedahan yang dilakukan oleh dokter bedah saraf dengan cara membuang kelebihan cairan di dalam otak. Beberapa teknik operasi yang dapat dilakukan, diantaranya :
    • Pemasangan shunt yang merupakan selang yang dipasangkan ke dalam kepala dengan tujuan mengalirkan cairan serebrospinal ke dalam rongga perut yang selanjutnya akan diserap oleh pembuluh darah. Shunt ini dilengkapi dengan katup yang berfungsi mengendalikan aliran agar cairan serebrospinal di dalam otak tidak surut terlalu cepat.
    • Prosedur ETV (endoscopic third ventriculostomy) dengan cara membuat lubang penyerapan baru di permukaan otak untuk membuang cairan serebrospinal.
    Baca artikel terkait : Hidrosefalus Semoga membantu, dr. Rievia