Tanya Dokter

  • Penanganan untuk hidrosefalus

  • Halo dokter. Saya memiliki keponakan yang menderita hidrosepalus. Sekarang berumur 4 tahun lebih. Dia sudah mendapatkan penanganan operasi. didiagnosa menderita hidrosepalus bawaan ketika kami memutuskan untuk memeriksakannya saat dia berumur belum genap 1 tahun.Saya sudah membaca artikel di alodokter.com mengenai hidrosepalus. Pada intinya penyumbatan cairan yang menjadi masalahnya. Menurut artikel, shunt/ETV adalah tindakan yang paling efisien. Yang ingin saya tanyakan yaitu, apakah mungkin menindaklanjuti pengobatan hidrosepalus keponakan saya itu dengan terapi lintah. Karena saya pernah membaca salah satu artikel terapi lintah di alodekter.com. mohon jawabannya dokter karena kami kesulitan biaya.

    Halo Ayu Wahyu Kurnia, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Hidrosefalus adalah kondisi dimana terjadi penumpukan cairan di dalam otak. Hidrosefalus tidak selalu disebabkan karena adanya sumbatan (meskipun sumbatan adalah penyebab paling sering). Penyebab lainnya adalah adanya gangguan penyerapan cairan otak ke pembuluh darah dan produksi cairan otak yang berlebihan.

    Terapi yang dapat mengatasi kondisi ini hingga saat ini memang melakukan operasi. Operasi pemasangan selang pengeluaran cairan atau disebut shunt dan ventriculostomi atau membuat lubang pada ventrikel otak untuk memfasilitasi pengeluaran cairan dari ventrikel otak. Kadang pengobatan dengan obat-obatan dapat diberikan, namun sifatnya hanya sementara saja, karena bila diberikan secara berkelanjutan akan berisiko memunculkan berbagai efek samping. 

    Terapi lintah tidak dapat digunakan untuk mengatasi kondisi hidrosefalus. Terapi lintah hanya ditujukan untuk mengatasi masalah di pembuluh darah saja, sementara hidrosefalus masalahnya bukan terdapat pada pembuluh darah.

    Untuk mengatasi masalah kekurangan biaya, anda dapat mendaftarkan keponakan anda ke program BPJS untuk mendapat bantuan keringanan biaya pengobatan. Anda juga dapat mencoba untuk menghubungi yayasan-yayasan sosial yang dapat meberikan bantuan untuk meringankan biaya pengobatan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia