Tanya Dokter

  • Tumbuh daging membesar di hidung dan berbau amis

  • Halo dok saya mau bertanya, saya dulu pernah mengalami radang sinus yg bermula dari gigi geraham belakang lubang, setelah dicabut gigi radang sinus hilang. Namun belakangan ini hidung saya mulai bau rada amis dan kepala sering nyeri. Saya konsultasi ke sp tht katanya di salah satu sisi hidung dalam saya dagingnya membesar, itu yang menyebabkan bau tdk sedap dan nyeri kepala. Dan beliau menyarankan untuk Laser karena tidak ada cara lain, obat pun tidak mengecilkan dan bisa2 bertambah besar. Cara adalah mengecilkannya dengab laser atau ada metode lain ? dan jika harus laser saya harus pilih bius lokal atau total karena katanya bius total bahaya. Terimakasih
    Immanuela Amanda Pangestu  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Immanuela,

    Daging membesar di dalam hidung kemungkinannya bisa bermacam-macam, seperti konka yang membesar (bisa menimbulkan sinusitis sehingga menyebabkan keluhan nyeri kepala dan hidung terasa berbau), polip hidung (adanya riwayat sinusitis meningkatkan resiko terjadinya polip, dan adanya polip juga meningkatkan resiko kambuhnya sinusitis), kanker nasofaring.

    Dalam kasus Anda kemungkinan yang dimaksud adalah polip, namun sebaiknya Anda tanyakan kembali pada dokter THT apakah yang dimaksud benar polip hidung atau bukan. Penanganan polip hidung sendiri bisa dengan antihistamin, kortikosteroid topikal, kortikosteroid oral, dan operasi.

    Jika menurut pemeriksaan dokter cara terbaik adalah dengan operasi, sebaiknya Anda mengikuti anjuran dokter tersebut ya. Adapun mengenai teknis operasi termasuk anestesi / bius tentunya akan disesuaikan dengan kondisi umum Anda berdasarkan pertimbangan dokter THT dan dokter anestesi. Setiap tindakan medis tentunya memiliki resiko komplikasi dan efek samping. Namun Anda tidak perlu khawatir ya, selama tindakan dilakukan sesuai prosedur maka resiko komplikasi bisa ditekan supaya minimal.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Operasi polip

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y