Tanya Dokter

  • Solusi atasi hidung tersumbat

  • Malm dok saya mau tnya klo hidung mmpet trus bergantian tp saya tdak dlam pilek Kadang2 mengganggu di pernafasan gmna solusinya trimakasih...

    Hai Putri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Hidung tersumbat dan pilek memang merupakan 2 kondisi yang berbeda, dan tidak selalu muncul secara bersamaan. Pilek lebih sering ditujukan untuk kondisi hidung yang berair akibat alergi atau infeksi pada saluran pernapasan. Sedangkan hidung tersumbat, selain disebabkan oleh kedua kondisi di atas, bisa juga diakibatkan oleh beberapa sebab berikut:

    • Corpus alienum (kemasukan benda asing)
    • Polip hidung (tumor jinak sel mukosa hidung)
    • Deviasi septum (sekat hidung mencong)
    • Sinusitis (radang rongga sinus)
    • Tumor rongga hidung, dan sebagainya

    Jika keluhan sudah muncul cukup lama (lebih dari 2 minggu) dan tidak membaik dengan sendirinya, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan) guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, misalnya melalui rontgen, nasal endoskopi, dan sebagainya. Pemeriksaan ini berguna juga untuk menentukan penanganan apa yang tepat nantinya, apakah cukup dengan pemberian obat-obatan, atau perlu dilakukan prosedur penanganan lainnya, misalnya operasi, ekstraksi corpus alienum, dan sebagainya.

    Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya hindari menggosok-gosok hidung berlebihan. Hindari juga penggunaan dekongestan tanpa petunjuk dokter. Pilih posisi tubuh yang paling nyaman bagi Anda (misalnya miring kanan, miring kiri). Tidak lupa, hindari paparan suhu dingin, asap, debu, polusi, bulu hewan, dan juga serbuk bunga (terutama jika Anda alergi terhadap zat-zat tersebut).

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah