Tanya Dokter

  • Hidung mampet selama 3 bulan lebih

  •  Imamtp
    Anggota

    Selamat pagi dok.

    Sy sudah 3 bulan terakhr ini mengalami hidung mampet setiap malam dan pagi pagi mengalami bersin bersin dan ingus encer. Hidung mampetnya bergantian antra kanan dan kiri.

    Kemudian 2 hari terahir ini setiap dini hari sy mengalami sesak napaf dan berbuyi ngik saat bernafas.

    Minta saran dan penjelasannya dok. Terima kasih....

    Dear Imamtp, Hidung mampet atau tersumbat merupakan gejala yang kerap membuat penderitanya mengalami rasa tidak nyaman yang cukup mengganggu, terutama saat istirahat. Hidung menjadi terseumbat dikarenakan mukosa hidung membengkak sehingga jalan napas menjadi menyempit. Jika hidung tersumbat disertai bersin-bersin dan ingus encer (ditambah hidung gatal), maka hal ini cukup spesifik untuk gejala rhinitis alergi. Rhinitis alergi sendiri adalah penyakit alergi yang bermanifestasi pada saluran napas. Pencetus gejala rhinitis alergi disebut alergen. Alergen adalah substansi tertentu yang dapat memicu dihasilkannya histamin oleh sel mast di mana histamin akan menyebabkan munculnya gejala-gejala seperti disebutkan di atas. Penanganan utama terhadap rhinitis alergi adalah sedapat mungkin mengenali dan menghindari alergen yang membuat gejala muncul. Berikut alergen yang umum ditemukan:

    • debu tungau rumah
    • kecoak
    • serbuk sari
    • bulu binatang
    • dsb.
    Napas berbunyi "ngik ngik" yang Anda rasakan kemungkinan merupakan awal gejala asma. Namun butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya. Selain itu konsultasikanlah dengan dokter dan ceritakan riwayat gejala yang Anda alami dan dokter akan menelaahnya serta akan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan terutama pemeriksaan hidung. Pemeriksaan penunjang seperti tes alergi (tes tusuk kulit, tes tempel, atau radioallergosorbent test (RAST)) mungkin akan dokter anjurkan. Diagnosis dan terapi yang tepat akan dokter berikan. Pengobatan rhinitis alergi umumnya menggunakan antihistamin dan atau obat semprot hidung yang akan diresepkan dokter. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • hindari sedapat mungkin alergen yang telah diketahui
    • gunakan masker ketika berpergian keluar rumah dan sedang membersihkan rumah
    Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya