Tanya Dokter

  • Penyebab hidung terasa perih dan panas

  • Dok mau tanya, hari Jumat kemarin kan tenggorokan sempet sakit. aku pkir kan mau radang, Sabtunya aku coba minum lamandel yg beli di apotek.
    Minggu sudah membaik tp kok Senin malam hidung sebelah kanan rasanya sperti pedes gitu ya dok, dr leher smpe kepala jg rasanya pusing separo. Paginya membaik, tp slasa malam gantian hidung yg kiri dok. Pedes jg & leher sama kpla jg pusing separo. Skrng malah keduanya pedes. Hidung bagian ujung dalam. Trmksh

    Halo Septya,
    pada keluhan anda dengan hidung yang terasa perih dapat saya asumsikan dengan nyeri hidung bagian dalam. pertanyaan yang perlu ditanyakan adalah berapa lama nyeri yang anda rasakan? penyakit yang sebelumnya dirasakan? apakah disertai menurunnya penciuman dan hidung tersumbat? gejala lain yang dirasakan? serta obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya. Pada mukosa hidung yang perih dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya:
    1. Paska trauma/terbentur
    2. Sinusitis
    3. Rhinitis alergi (sering bersin-bersin sehingga membuang ingus terlalu kencang)
    4. Polip hidung
    5. Stress
    berikut adalah penanganan sementara yang dapat anda lakukan:
    1. Hindari alergi jika anda memiliki riwayat alergi
    2. Hindari makanan yang pedas,berminyak dan digoreng untuk mengurangi rangsangan berlebihan pada hidung
    3. Kelola stress
    4. Jika perlu anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis THT jika disertai gejala sebagai berikut,demam,penurunan penciuman,hidung tersumbat,mimisan. Apalagi jika keluhan anda sebelumnya adalah nyeri tenggorokan,agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penanganan yang sesuai.
    demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen