Tanya Dokter

  • Penyebab hidung sering tersumbat jika menghirup aroma tajam

  •  Era marcelina
    Anggota
    Maaf dok mau tanya, kenapa akhir-akhir ini hidung saya sering tersumbat saat menghirup aroma tajam seperti aroma masakan ya? Terimakasih sebelumnya.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Hidung tersumbat dapat diakibatkan oleh berbagai macam kondisi medis tertentu dan dapat sangat mengganggu bila sedang kambuh. Pada dasarnya, hidung tersumbat ini bukanlah akibat penumpukan lendir (ingus) didalam hidung, namun akibat pelebaran pembuluh darah yang berada di sekitar hidung. Pelebaran pembuluh darah ini dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran pernafasan misalnya sinusitis atau rhinitis, adanya proses alergi misal terhadap debu atau tungau, dan mencium bahan kimia atau bau yanng cukup tajam. Jadi memang bila hidung tersumbat tersebut tersumbat pada saat Anda mencium bau masakan yang terlalu tajam merupakan suatu hal yang wajar.

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi hidung tersumbat tersebut adalah:

    • cukupi kebutuhan cairan, konsumsi minuman hangat untuk memberikan efek lega pada saluran pernafasan
    • uap untuk memperlancar pernafasan
    • mandi air hangat
    • gunakan bantal lebih tinggi untuk mempermudah tidur pada malam hari bila hidung tersumbat ini kembali kambuh pada malam harinya

    Namun bila sudah melakukan hal tersebut tetapi tidak ada perubahan maka sebaiknya konsultasikanlah secara langsung pada dokter untuk mencari kemungkinan penyakit lain yang mendasari timbulnya keluhan Anda berdasarkan anamnesa dan pemeriksaan fisik secara langsung yang dapat dilakukan pada Anda. Dan bila perlu mungkin dokter akan memberikan obat semprot hidung untuk membantu meringankan keluhan Anda tersebut.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati