Tanya Dokter

  • hidung tersumbat setiap hari

  •  See Riefa
    Anggota

    Asslm.. dok sering/hampir setiap hari hidung saya tersumbat. Biasany bisa hilg kalo terkena sinar mtahari, tp ahir2 ini sulit sembuh.
    apkh itu trmsuk sinusitis? Bgmn cra menyembuhkany? Krn berimbas pd suara sya(sengau). Jzkallah. Wsslm.

    See Riefa  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat Siang, Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan mukosa hidung dan /atau pembuluh darah di hidung membengkak akibat pengumpulan cairan sehingga mneybabkan rasa hidung seperti tersumbat atau penuh. Hidung tersumbat dapat diakibatkan oleh hal-hal yang mengiritasi atau menyebabkan pembengkakan mukosa atau pembuluh darah hidung. Gejala hidung tersumbat dapat berdiri sendiri atau ditemani oleh gejala lain seperti lendir atau ingus, bersin, post nasal drip, mengorok, nyeri kepala/wajah, nyeri telinga, suara sengau,dll. Beberapa penyakit yang menyebabkan gejala hidung tersumbat adalah sebagai berikut :

    • Iritasi, udara, rokok,polusi, parfume,dll.
    • Cuaca dingin
    • Rhinitis alergi maupun nonalergi
    • Infeksi : flu, sinusitis akut maupun kronik
    • Alergi debu, makanan, bahan,
    • Penggunaan obat dekongestan secara berkepanjangan
    • Rhinitis vasomotor (flu berulang dan berkepanjangan tanpa penyebab yang pasti)
    • Deviasi septum (tulang hidung bengkok)
    • Nasal polyp (benjolan atau daging tumbuh di rongga hidung)
    • Benda asing
    • Tumor
    • dan lain-lain
    Selain hidung tersumbat, perlu diketahui apakah ada gejala lain yang ibu rasakan, Sudah berapa lama kondisi hidung tersumbat terjadi, apakah di kedua hidung atau salah satu saja, apakah ibu memiliki riwayat alergi (asma, bersin pagi hari, mata berair, mudah bersin-bersin),apakah ibu  merasakan nyeri atau rasa penuh pada bagian kepala atau wajah dan lain-lain. Diperlukan informasi lebih detail lagi untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, maka sebaiknya anda periksakan diri ke dokter agar dapat ditangani lebih baik. Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada dinding sinus. Sinus merupakan suatu rongga yang normalnya berisi udara atau kosong. Pada sinusitis, sinus terisi cairan yang kemudian mengundang pertumbuhan bakteri sehingga akhirnya terjadilah sinusitis. Sinusitis terjadi didahului oleh kondisi lain seperti flu berulang, rhinitis alergi, nasal polip, deviasi septum atau hal lain yang menyebabkan tersumbatnya aliran cairan normal, sehinga akhirnya mengisi rongga sinus. Gejala pada sinusitis berupa hidung tersumbat, nyeri/rasa pebuh pada wajah, lendir hidung, indera penciuman berkurang atau menghilang, batuk,, serta gejala tambahan lain seperti demam, napas berbau. Pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter biasanya berupa pemeriksaan rongga hidung, pemeriksaan adanya nyeri pada penekanan wajah di lokasi sinus berada, dan pemeriksaan penunjang berupa rontgen sinus. Untuk informasi lebih lengkap mengenai sinusitis, rhinitis, pilekpolip nasal dapat dibaca dengan klik link (tulisan biru) tersebut. Sekian. semoga dapat membantu.

    See Riefa  Fran Sidette
    Anggota

    Terima kasih dok info yang sangat membantu.

    See Riefa  Adhe Prawira Mp
    Anggota

    maaf dok.. saya jga merasakan hal seperti itu. Awal saya mulai tersumbat ya gara2 sinus deh kyk nya dok. soalnya pas awal dulu saya sempet demam dan terasa nyeri di bagian pipi dan gigi.. setelah sembuh, hidung saya tersumbat sampe skrg dok.. klo kita hirup, ingusnya terasa tertarik ke dalam. tapi pas mencoba untuk meniup keluar,ingusnya benar2 mampet dok.. kenapa ya? mau sekeras apapun mendorong, cuma keluar sedikit celah udara dok. dan klo saya mengeluarkan ingus melalui tarik nafas ke dalam, terasa sedikit ngilu di rongga hidung.. warna ingus kuning,orange,merah.. dan kental banget. itu yg saya rasakan dok.. mohon informasinya dok.  terima kasih

    Maaf dok saya juga mengalami hal yg sama, tetapi hidung tersumbat saya bergantian, nah ketika hidung yg tersumbat sebelah kiri Akan mengalami pilek atau hidung berair, begitu sebalik y ketika hidung yg tersumbat sebelah kanan, biasa y di awali dengan bersin2, dan telinga terasa nyeri ketika bersin... Gejala ini sudah saya rasakan 1 tahun lebih