Tanya Dokter

  • Hidung tersumbat dan tidak sembuh-sembuh

  •  jannu
    Anggota

    Dua bulan ini hidung saya tersumbat/ingusan tidak sembuh2. Saya curiganya alergi dingin, karena awalnya jadi gampang bersin.

    Tidur saya tidak pernah terganggu. Biasanya bangun tidur cuma tersumbat sebelah (tergantung posisi tidur) atau tidak tersumbat sama sekali. Tapi setelah bangun, baru mulai produksi ingusnya, hidung langsung tersumbat. Kalau berdiam diri pasti hidung langsung tersumbat. Tapi dipakai beraktifitas (banyak gerak/olahraga), tidak buntu.

    Kena hawa panas/terik matahari agak enakan, dan sebaliknya, terkena hawa dingin ingus dan tersumbat semakin parah. Seperti waktu sore menjelang malam, pasti hidung semakin mbeler+tersumbat. dan semakin menjadi-jadi di malam hari.

    Ini obatnya apa ya, Dok? Soalnya lama-lama mengganggu aktifitas juga. Diminumin obat (semacam mixagrip) agak berkurang tanpa hilang sama sekali sehingga saya hentikan pemakaiannya.

    Saya belum periksa dokter. Tapi dulu sewaktu masih smk pernah dibilang dokter saya alergi dingin, hanya saja dulu batuk2. Sekarang tidak batuk. Cuma ingusan+tersumbat saja dan gampang bersin tanpa sebab.

    Jannu, 22th.

    jannu  dr. Nofrina
    Dokter

    Hi Jannu, Rhinitis adalah bentuk peradangan pada membran mukosa hidung sehingga menimbulkan gejala-gejala seperti gejala hidung berair, bersin-bersin, mata berair, hidung dan mata gatal, serta hidung tersumbat. Sehingga dari gejala yang anda sebutkan diatas, besar kemungkinan kondisi yang dialami adalah rhinitis alergika, karena pencetus rhinitis yang anda alami adalah faktor suhu/cuaca dingin. Rhinitis dapat diterapi menggunakan obat-obatan golongan dekongestan, antihistamin, maupun kortikosteroid. Namun tetap pemilihan jenis terapi harus sesuai dengan jenis rhinitis yang diderita. Walaupun dari gejala yang anda alami sangat mengarah kepada kecurigaan rhinitis alergika yang disebabkan oleh suhu dingin, anda dapat meminta ulang kepada dokter anda untuk dilakukan tes kulit seperti patch test, prick test, maupun test antibodi dalam darah untuk menentukan secara pasti alergi apa yang menyebabkan Anda menjadi penderita rhinitis alergika. Saran kami untuk kembali memeriksakan diri anda ke dokter ahli telinga hidung tenggorokan (spesialis THT).  Karena menghindari faktor pencetus merupakan terapi terbaik sebagai pencegahan penyakit ini berulang. Hal-hal berikut dapat anda lakukan untuk mengurangi tingkat kekambuhan kondisi yang anda alami :

    • Hindari faktor pencetus (dalam kasus anda ceritakan, kemungkinan disebabkan oleh hipersensitivitas tubuh akibat suhu/cuaca dingin)
    • Jaga daya tahan tubuh
    • Makan makanan yang bernutrisi
    • Rutin berolahraga
    • Gunakan masker saat bepergian
    Ada baiknya anda membaca artikel lebih lanjut mengenai Flu, Rhinitis, dan Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana yang telah disusun oleh tim Alodokter. Semoga membantu. Salam, dr. Nofrina