Tanya Dokter

  • Hilang kesadaran karena tumor otak

  •  indrielmi
    Anggota

    Alo Dok.

    Ayah mertua saya menderita tumor otak sedang di rawat di RS. Namun sudah 3 hari ini tidak sadar, tapi masih suka batuk. Jantung, paru semua normal. Sempat dikasih obat dexamethasone, namun lambung jadi pendarahan. Sudah dikuras, namun begitu dimasukan susu melalui sonde, muntah kembali. Dokter sudah angkat tangan dan hanya mampu bilang tunggu keajaiban. Pasien pun disuruh pulang.

    Nah apa yang harus disiapkan di rumah dok? apakah perlu menyiapkan oksigen dan dipasang terus menerus seperti di RS? Apakah ada semacam alat pemantau yang harus dibeli seperti di RS? Ataukan cukup dibiarkan saja tidur tenang dan hanya diberi makan melalui sonde?

    Apakah ada cara lain untuk membantu menyembuhkan atau menyadarkan kembali pasien dok? misalnya melalui akupuntur or herbal? karena kami keluarga tidak ingin hanya "menunggu waktu."

    tks dok

    salam.

     

     

    Halo Indrielmi, terimakasih telah bertanya di website Alodokter. Saya dr. Doddy akan membantu menjawab pertanyaannya.

    Keadaan tumor pada otak yang terjadi pada ayah mertua anda memang dapat menimbulkan penurunan kesadaran. Dengan masih adanya refleks batuk disertai jantung dan paru yang masih baik dapat dikatakan fungsi batang otak dari ayah mertua Anda masih dalam keadaan baik.

     

     tentu saja untuk mengobati keadaan Ayah anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terlebih dahulu namun jika memang terjadi adanya tumor pada otak maka pengangkatan tumor pada otak merupakan hal yang paling penting. Jika Anda saat ini berada di rumah makan Anda dapat memberikan oksigen Seperti halnya di rumah sakit dan dapat membeli alat pantau saturasi oksigen untuk mengetahui kondisi Oksigen yang berada dalam tubuh Ayahanda. Namun agar lebih jelasnya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa guna kelengkapan alat-alat apa saja yang dapat disiapkan di rumah Anda saat ini.

     

    Belum ada penelitian yang mengatakan bahwa terapi akupunktur dan obat-obatan herbal dapat menghilangkan atau mengobati tumor pada otak sehingga pengobatan melalui jalur medis merupakan hal yang terbaik

     

    Silahkan baca artikel terkait dibawah ini :

     

    Tumor otak

     

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda

     

    Salam

     

     

    dr. Doddy Kusumah R