Tanya Dokter

  • Nyeri disekitar tulang wajah dan didiagnosis TMJ

  • Jadi gini dok,,, Sejak 4 thun terakhir ini pasca saya mengalami kecelakaan parah yg benyebabkan bahu saya terkilir dan didiagnosa sebagai AC Join Dislocation, saya mengalami penurunan keseimbangan yg sangat drastis, dan beberapa bulan ini saya juga mengalami masalah di tulang rahang saya serasa tidak nyaman dan sangat mengganggu, bahkan menyebabkan nyeri di sekitar tulang wajah merambat ke kepala dan telinga kadang terasa berdengung, saya coba cari tahu di internet dan sya menemukan hasil diagnosa bahwa sya terkena TMJ.. yang saya tanyakan dok.. itu penyakit apa ya dok dan bagaimana cara mengobatinya??? apakah itu penyebab dari kecelakaan bahu saya yg dislokasi(sejak 4 tahun yg lalu). Apakah hal ini berdampak juga pada sistem saraf tubuh dok..??? sebelum dan sesudahnya terima kasih dok atas jawabannya

    Halo Lihink......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, sendi temporomandibular, yang disingkat TMJ ( temporomandibular joint ), adalah sendiri dan otot rahang untuk membuka dan menutup mulut. Adanya masalah yang mencegah sistem kompleks dari sendi temporomandibular, dapat menyebabkan gangguan TMJ yang menyakitkan.

    Berikut ini beberapa gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena gangguan TMJ, yaitu : nyeri pada rahang, rasa sakit pada bagian dalam dan sekitar telinga, kesulitan atau rasa tidak nyaman saat mengunyah, nyeri pada wajah, terkuncinya sendi sehingga menyebabkan mulut sulit membuka dan menutup.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk mendiskusikan masalah ini kepada dokter spesialis THT ( telinga hidung tenggorokan ), agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati