Tanya Dokter

  • Penyebab tekanan darah naik turun

  •  Dini08387
    Anggota
    Selamat malam dok.. saya perempuan 26 tahun.. Sudah 4 hari tensi saya naik turun seperti roaller coaster.. pertama tensi 170/100.. Sesudah itu 120/70.. Selanjutnya 150/100.. Sekarang saya berdiri harus dipapah dokter.. Keseimbangan badan dan leher kaku dokter.. saya juga suka panik sendiri jantung berdebar dan keringat dinagingin.. saya kenapa ya dokter.. atas penjelasan dokter saya ucapkan terima kasih..

    Hai Dini, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Sebagai informasi, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang berlangsung lama (kronis) dimana terjadi peningkatan tekanan darah pada dinding pembuluh darah arteri. Seseorang dapat didiagnosa menderita hipertensi apabila dalam 2x pengukuran (berturut-turut) di dapatkan hasil tekanan darah yang tinggi.

    Tekanan darah dapat meningkat sementara apabila dipengaruhi oleh aktivitas fisik (seperti habis berolahraga) dan emosi (panik, stres, dan tegang). Peningkatan sementara ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, pada kasus Anda masih belum diketahui peningkatan tekanan darah tersebut apakah sementara atau tidak. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluhan (tekanan darah tinggi dan jantung berdebar) yang dialami, diantaranya:

    • Hipertensi sekunder, dimana hipertensi dapat disebabkan adanya kondisi lain pada tubuh, seperti gangguan pada kelenjar adrenal, penyakit ginjal, efek samping obat-obatan, sleep apnea, masalah pada kelenjar tiroid dan paratiroid, dsb
    • Hipertensi primer (faktor penyebab hipertensi masih belum jelas)
    • Adanya masalah pada jantung, seperti gangguan irama jantung, serangan jantung, dsb. Terutama jika detak jantung cepat dan berdebar diikuti sesak napas, nyeri dada, lemas, dan pusing
    • Serangan panik, terutama jika jantung berdebar disertai rasa takut yang berlebihan dan dipicu penyebab tertentu
    • Aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahraga
    • Peningkatan hormon tertentu, seperti saat kehamilan atau menstruasi, hormon adrenalin saat stres
    • Kondisi medis lain, seperti anemia, hipertiroid, dehidrasi

     

    Terlalu banyak kemungkinan kondisi yang mendasari keluhan yang Dinni alami. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter guna evaluasi lebih lanjut. Pastikan 30 menit sebelum tekanan darah diukur, Anda tidak berolahraga, merokok, atau minum minuman berkafein agar hasil lebih akurat. Selain pengukuran tekanan darah, dokter juga mungkin melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lain (seperti tes darah, rekam jantung, dsb) apabila diperlukan. Dokter kemudian akan memberikan terapi yang sesuai.

    Artikel mengenai tekanan darah normal dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L