Tanya Dokter

  • Pemberian obat hipertensi pada orang yang tidak hipertensi

  •  AL FI AN
    Anggota
    Dok saya mau bertnya apa kh jika org yg tidak menderita kemudian diberi obat hipertensi yaitu propanolol apa dampaknya,..

    Hai Alfian.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Propanolol merupakan obat golongan beta blocker yang digunakan sebagai obat anti hipertensi, gangguan irama jantung, pada pasien tremor, mencegah nyeri dada, dan mencegah sakit kepala migrain. Baiknya dalam konsumsi obat ini harus dengan resep dokter, sesuai dengan indikasi yang tepat, dikonsumsi sesuai dosis, dan hindari bila ada alergi terhadap obat ini. Perlu kembali diingat bahwa obat ini bukan hanya mengobati hipertensi sehingga baiknya anda menjelaskan juga dari mana anda mendapatkan obat ini dan atas indikasi apa dokter memberikan obat ini.

    Efek samping dari propanolol ialah kepala terasa ringan, pusing, kelelahan, selain itu juga mual, muntah, nyeri perut, gangguan penglihatan, dan gangguan tidur. Jika anda mengkonsumsi obat ini sesuai indikaasi dan sesuai dosis maka umumnya tidak akan muncul efek samping. Baiknya tidak mengkonsumsi obat ini bila anda memiliki gangguan pernafasan (asma, bronkitis), gangguan irama jantung, gangguan ginjal, atau gangguan depresi.

    Bila anda mengalami efek samping akibat konsumsi obat ini atau timbul alergi maka baiknya anda menghentikannya dan kembali mengkonsultasikan dengan dokter keamanan dan dosis dari obat ini.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti