Tanya Dokter

  • Dampak yang ditimbulkan ketika tekanan darah tinggi

  •  Ulfa Niati
    Anggota
    Selamat siang Dok, saya mau tanya ada 2 orang dengan tekanan darah di atas batas normal, yg pertama TD 140/100 mengalami vertigo, sedangkan yg kedua TD 170/100 tidak mengalami vertigo hanya lemas saja. Itu kenapa ya?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Ya, hal itu bisa saja terjadi, dan tidak jarang dijumpai.

    Pada intinya jika Anda menghadapi pasien, tidak sama seperti menghadapi benda mati yang selalu 1+1 = 2. Setiap orang dapat memiliki toleransi yang berbeda terhadap suatu kondisi dalam tubuhnya. Dalam hal ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :

    • sudah berapa lama menderita hipertensi
    • berapa tekanan darah rerata hariannya, seberapa jauh perbedaan dengan kondisi saat ini yang menimbulkan kelainan
    • seberapa besar toleransi orang tersebut terhadap perubahan tekanan darah
    • apa saja komorbid / kondisi penyerta / faktor resiko tertentu yang dimiliki orang tersebut
    • apakah penyebab dari peningkatan tekanan darah tersebut

    Berbagai variabel-variabel diatas tentu dapat menimbulkan tanda dan gejala yang berbeda. Seseorang yang tekanan darah hariannya memang tinggi (katakan 160 atau 170) mungkin tidak akan merasakan keluhan apa-apa karena pada dasarnya tubuhnya sudah beradaptasi dengan tekanan darah itu, meski tekanan darah setinggi itu tetap  merusak dan harus diturunkan karena adapat menyebabkan kegagalan berbagai organ dalam jangka panjang. Akan tetapi seseorang yang tekanan darahnya normal katakan 110/70 atau 120/80 kemudian mengalami peninkgatan tekanan darah misalnya menjadi 140 atau 150 mungkin akan merasakan gejala yang lebih besar / menonjol dibandingkan pada orang pertama tadi.

    Apapun itu pada daasrnya tekanan darah diatas 140/90 haruslah diturunkan karena tekanan darah diatas level itu akan membebani kerja berbagai organ dalam tubuh seperti jantung, otak, ginjal dan lein sebagainya dan diketahui meningkatkan resiko berbagai komplikasi seperti gagal jantung, kerusakan ginjal, dan stroke.

    baca tautan berikut untuk informasi lebih lanjut :

    hipertensi

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili