Tanya Dokter

  • Efek samping obat hipertensi

  •  Helmy Zamzany
    Anggota

    Assalmuaikum,Dok langsung aja y Dok, sy laki" umur 36 thn, pnderita hipertensi dan minum obat rutin, Amlodipine & Canderstan. Apakah efek samping dr minum obat itu dlm jngka waktu yng lm ? Apakah penderita hipertensi ba sembuh tanpa,harus minum obat ? Atas jwb nya sy Ucapkan trima ksh.

    Halo Bapak, Mungkin yang anda maksudkan adalah candersartan. Efek samping dari candersartan adalah batuk, vertigo, nyeri pungggung, sakit tengggorokan, reaksi alergi. Sedangkan efek samping dari amlodipin adalah sakit kepala, muka merah, rasa panas, denyut jantung yang cepat, pergelangan kaki bengkak dan mual.Jika anda mengalami efek obat yang tidak menyenangkan, konsultasilah kembali dengan dokter anda. Pengobatan hipertensi yaitu dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan anti hipertensi. Tujuan penggunaan obat-obat ini adalah menurunkan atau mempertahankan tekanan darah pada nilai yang terkontrol dan mencegah komplikasi berupa penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal dan mata. Penyesuaian dosis dan frekuensi pemakaian tergantung dari berat ringannya penyakit yang diderita seseorang. Perubahan gaya hidup penderita hipertensi meliputi :

    1. Diet rendah garam
    2. Perbanyak makan buah dan sayur, kurangi makanan berlemak
    3. Berhenti merokok dan alkohol
    4. aktivitas fisik yang teratur
    5. menurunkan berat badan bagi penderita dengan berat badan berlebih
    Walaupun sudah minum, gaya hidup sehat tetap harus diterapkan. Selain dapat menurunkan tekanan darah, perubahan gaya hidup terbukti meningkatkan efektivitas  obat antihipertensi dan mencegah komplikasi. Baca juga artikel tentang Hipertensi   Salam, dr.Agnes Maureen