Tanya Dokter

  • Apa penyebab gejala yang saya derita?

  • pagi dok, saya maya usia 21 tahun, awalnya saya merasa pusing, kemudian saya istirahat, namun setelah istirahat bdan saya menjadi demam dan tenggorokan saya terasa tidak enak seperti batuk berdahak setelah diperiksa tensi darah saya sangat tinggi, aneh sekali, padahal biasanya penyakit saya adalah tekanan darah rendah, dokter bilang saya mengalami infeksi usus halus dan untuk sementara dilarang mkan buah, memang saya punya riwayat sakit tyfus anehnya setelah minum obat selama 3 hari badan saya tetap demam yang ingin saya tanyakan dok sebenarnya apa penyebab penyakit saya, bukankah hipertensi biasa diderita usia lanjut? apa yang bermasalah pada saya?

    Hai, Demam merupakan tanda dari suatu infeksi, bisa karena virus, bakteri, atau parasit tertentu. Misalnya radang tenggorokan, batuk, tifus, demam berdarah, cacar air, atau diare. Saat dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer dan didapatkan hasil melebihi 37.5 derajat celcius, maka tubuh dalam kondisi demam. Hipertensi tetap dapat diderita oleh usia muda, terutama jika terdapat:

    • faktor keturunan
    • kelebihan berat badan
    • banyak konsumsi garam, kafein/ alkohol
    • kurang berolahraga
    Saat keadaan kurang istirahat, cemas, atau stres, hal ini juga dapat meningkatkan tekanan darah. Obat parasetamol dapat diberikan sementara untuk meredakan demam. Usahakan untuk konsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air mineral, serta memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika Anda masih mengalami demam, disarankan agar Anda periksa kembali ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat diberikan penanganan/ terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto