Tanya Dokter

  • Mengapa penderita hipertensi tidak diperbolehkan kelebihan cairan?

  • Malam dokter Dokter saya mau tanya mengapa orang dengan hipertensi tidak di perbolehkan kelebihan cairan di dalam tubuh?

    Hai,

    Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah arteri meningkat. Tekanan darah yang normal yaitu di bawah 120/80 mmHg. Saat dilakukan beberapa kali pengukuran, dan didapatkan tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka pasien tersebut mengalami hipertensi. 

    Pada tekanan darah yang tinggi, otot jantung akan bekerja lebih berat. Jika terdapat kelebihan cairan, maka volume cairan dalam tubuh akan meningkat dan kerja jantung akan semakin berat.

    Usahakan untuk mengurangi konsumsi garam. Tidak merokok. Hindari stres. Konsumsi makanan dengan menu sehat dan seimbang. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Kurangi berat badan jika terdapat berat badan berlebih.

    Jika dengan mengubah gaya hidup dan olahraga namun hipertensi tetap belum dapat terkontrol, maka sebaiknya diberikan obat antihipertensi untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

    Periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat.

    Halaman berikut membahas Pengobatan hipertensi

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr.Jessica