Tanya Dokter

  • Hipertensi dan Diabetes

  • Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Sekitar dua bulan lalu papa saya masuk rumah sakit karena tensinya mencapai 220/120 (kemarin malam papa saya mendapatkan berita yang membuat dia sedikit sedih) tapi papa saya pada waktu itu tidak merasakan gejala-gejala apapun. Setelah di CT Scan ternyata tidak terjadi stroke. Kemudian akhirnya dokter memberikan beberapa macam obat untuk diminum dirumah selama sebulan akhirnya tensinya turun menjadi sekitar 160/90 an karena masih dianggap tinggi dia kembali dirujuk ke spesialis penyakit dalam untuk dicek kreatinin, glukosa puasa, hbA1c dan kolestrolnya. Ternyata glukosa puasa, hbA1c dan kolesterolnya agak tinggi jadi dokter tsb menganggap penyebab tensi papa saya tinggi karena glukosanya juga tinggi maka dokter meresepkan obat tambahan untuk kolesterol dan diabetes. Setelah dicek kembali setelah satu minggu minum obat tensinya agak turun menjadi 140/90. Saya ingin bertanya dok :

    1. Apakah gula darah yang tinggi dapat memengaruhi tekanan darah ?

    2. Bagaimana pola makan yang baik untuk penderita hipertensi sekaligus diabetes agar kebutuhan gizinya tetap terjaga?

    terima kasih.

    Halo William, 

    Diabetes dan hipertensi sering diderita secara bersamaan. Kadar gula darah yang tinggi perlahan dapat merusak pembuluh darah, menimbulkan pengerasan/kekakuan pembuluh darah, serta menimbulkan plak/timbunan di pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis. Hal-hal ini menyebabkan tekanan darah dapat menjadi tinggi. Gula darah yang terkontrol dapat membantu mengontrol tekanan darah. Target tekanan darah bagi penderita diabetes adalah < 140/90. 

    Pengaturan diet untuk setiap orang sebenarnya bersifat individual, perlu wawancara lebih rinci mengenai jenis kelamin, usia, berat badan saat ini, aktivitas yang dijalankan sehari-hari dan lain sebagainya untuk menentukan diet yang tepat. Tetapi secara umum dapat digunakan pedoman DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) diet, yaitu: 

    • Batasi penggunaan garam hanya 1500 mg per hari
    • Makan lebih banyak buah, sayuran, dan jika menggunakan produk olahan susu, pilih yang rendah lemak
    • Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans tinggi
    • Makan lebih banyak whole grain, ikan, unggas, dan kacang-kacangan
    • BATASI makanan dan minuman manis, asin, dan daging merah

     

    Tindakan yang Anda lakukan dengan memeriksakan ayah Anda ke dokter sudah benar. Perlu diingat hipertensi dan diabetes memerlukan kontrol rutin dan kedisiplinan meminum obat serta pengaturan diet yang baik. Sebaiknya Anda tetap membawa ayah Anda ke dokter secara rutin sesuai jadwal. Jika Anda memerlukan pengaturan makan lebih detail/personal, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi.

    Salam,

    dr. Mega