Tanya Dokter

  • Hubungan hipertensi dengan serangan jantung

  • selamat malam

    bagaimana hipertensi dapat mengakibatkan serangan jantung?

    apakah ada hubungannya antara hipertensi dengan volume darah yang di alirkan dalam pembuluh darah?

    jika iya, bagaimana mekanismenya?

    ivanmuljono123  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Tekanan darah dapat bervariasi pada tiap waktunya. Tekanan darah normal ialah kurang dari 120/80 mmHg. Tekanan darah diatur dalam sistem mekanisme yang kompleks, dan tekanan darah dipengaruhi berbagai faktor seperti elastisitas pembuluh darah, komposisi darah, sistem saraf simpatis, serta sistem RAA.

    tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan rusaknya dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan fungsi dari dinding pembuluh darah tidak baik serta akan terjadi mekanisme inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah. Hal tersebut dapat merangsang terbentuknya kompleks inflamasi dan dapat menyebabkan penyempitan dinding pembuluh darah. Selain itu tekanan darah tinggi dapat memudahkan terjadinya pecahnya plak (arterosklerotik) yang ada pada pembuluh darah sehingga dapat menyumbat pembuluh darah jantung. Tekanan darah tinggi juga akan meningkatkan beban pompa jantung. Dengan meningkatknya pompa jantung akan meningkatkan kebutuhan oksigen otot jantung/ miokardium.

    Terdapat hubungan antara tekanan darah dengan volume darah yang dipompa. Semakin banyak isi dari pembuluh darah maka biasanya tekanan darah akan cenderung meningkat. Begitu juga sebaliknya.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Tekanan darah tinggi

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny