Tanya Dokter

  • pengobatan untuk hipertensi

  •  Gunadi Jaya
    Anggota
    Malam Dok Sy penderita hipertensi yg mengkonsumsi obat kira" selama 3 tahun terakhir, dengan obat bpjs candesartan dan bisoprolol untuk pagi dan amlodipine dan clonidine untuk malam . Untuk 1 tahun pertama bisa dikontrol dengan candesartan dan amlodipine Pertanyaan saya : 1. Saya masih khawatir/ragu" untuk meminum obat ? Bagaimana caranya supaya tidak ragu" ? 2. Dengan tambah banyak obat, apakah penyakitnya tambah parah ? 3. Apakah tidak apa' meminum obat terus menerus ? 4. Apakah ada bedany minum obat langsung 2 bh. misalnya candesartan dan bisoprolol, daripada minum satu demi satu dengan jeda 1 jam ? Terimakasih Gunadi Jaya

    Hai,

    Kekhawatiran seringkali muncul karena ketidaktahuan. Dengan banyak membaca dan mencari tahu, berbagi pengalaman dengan sesama pengidap tekanan darah tinggi (mis. mendengarkan efek positif dan negatif dari pengobatan), diharapkan pasien tekanan darah tinggi dapat tidak lagi ragu untuk mengonsumsi obat.

    Tekanan darah tinggi seringkali tidak bergejala dan merupakan awal dari penyakit pembunuh nomor satu dan dua di dunia, yaitu penyakit pembuluh darah jantung dan otak. Karena itu, penting agar pengobatan segera dimulai dan diteruskan untuk mempertahankan tekanan darah pada batas yang telah ditentukan. Untuk mempertahankan tekanan darah ini, bisa jadi memerlukan obat lebih dari satu macam -- hal ini tidak berarti penyakit sudah parah; tujuan minum obat ialah mencegah terjadinya komplikasi tekanan darah tinggi.

    Obat tekanan darah tinggi telah didesain untuk diminum seumur hidup, dengan profil keamanan yang tinggi dan manfaat yang telah terbukti secara klinis untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mencegah terjadinya komplikasi dari penyakit tekanan darah tinggi (mis. stroke dan penyakit jantung).

    Secara teoritis, tidak ada bedanya antara minum obat secara langsung 2 buah dan minum obat satu demi satu dengan jeda satu jam, karena obat sama-sama akan dimetabolisme dan bekerja untuk menstabilkan tekanan darah. Lagipula lama kerja obat biasanya adalah antara 8-12 jam, dan karena itu semestinya tidak ada bedanya antara kedua cara minum obat di atas.

    Baca juga artikel tentang tekanan darah tinggi.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma