Tanya Dokter

  • penanganan hipertensi tanpa bantuan obat

  •  Fikri
    Anggota
    Hai Dok, saya memiliki riwayat hipertensi yg tinggi. Oktober awal saya tensi 170/120 lalu saya memutuskan untuk tidak minum obat tetapi dengan menjaga makanan saja. Setelah hampir 2 bulan, saya tensi dan hasilnya 130/80. Apakah gapapa saya memiliki hipertensi tetapi saya gak minum obat. Cukup dengan menjaga makanan saja. Terimakasih.

    Halo Bapak Fikri, Tekanan darah tinggi adalah konsisi dimana tekanan darah sistolik >= 140 dan atau diastolik >= 90. Jika tekanan darah bapak mencapai 170 , maka sudah termasuk dalam hipertensi stage II. Akan tetapi beebrapa fakto perlu diperhitungkan seperti apakah pengukuran dilakukan dengan cara yang benar, apakah bapak baru saja melakukan aktifitas fisik sebelum diperiksa dan tidak beristirahat cukup (setidaknya 10 menit) sebelum pengukuran dilakukan , apakah bapak baru saja meminum kopi / merokok, apalkah malam tidur cukup dan apakah bapak termasuk penyandang white collar hypertension (jadi tekanan darah tinggi hanya saat diperiksa dokter / perawat saja, sedangkan jika mengukur sendiri tidak, hal yang lebih kepada faktor psikologik). Perlu diperhatikan bahwa yang terpenting dalah penanganan hipertensi adalah mencapai target tekanan darah yakni < 140 sistolik dan < 90 diastolik, tidak perduli dengan ataupun tanpa obat. Jika sudah dapat mencapai target tanpa obat kenapa perlu minum obat? perlu dipahami bahwa penanganan hipertensi ada yang bersifat farmakologis (dengan obat) dan non farmakologis (tanpa obat). Penananganan non farmakologis meliputi :

    • menurunkan berat badan jika berlebih
    • kontrol diet ; kurangi asupan garam / hindari yang asin-asin
    • olahraga teratur, tertutama olahraga aerobik seperti lari, jogging , bersepeda, renang
    • hindari kopi, rokok, dan makanan yang tinggi lemak
    • hindari satress dan cukup istirahat
    Jadi jika hanya dengan hal tersebut tekanan darah Bapak sudah < 140 sistolik dan < 90 diastolik maka tidak perlu obat (kecuali ada indikasi lain) dan cukup pertahankan pola hidup dan makan yang baik, berolahraga dan pastikan memeriksakan / kontrol tekanan darah setidaknya sebulan sekali. hipertensi demikian yang dapat saya sampaiakan, semoga bermanfaat.